Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar Jambore Kader Kilisuci dalam rangka mewujudkan optimalisasi program Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas), yang diikuti oleh perwakilan 27 posyandu balita dari empat kelurahan yaitu Mrican, Dermo, Ngampel, dan Gayam. 

Kepala UPTD Puskesmas Mrican drg. Suprih Winarni, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas anggota mendukung program Germas.

"Kegiatan ini sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kami terus mengampanyekan agar masyarakat membiasakan hidup sehat, seperti makan buah dan sayur, olahraga, dan cek kesehatan secara rutin salah satunya lewat Kader Kesehatan yang kita miliki," katanya di Kediri. 

Kegiatan jambore ini diisi dengan berbagai acara yang diikuti oleh seluruh peserta, di antaranya senam pagi, makan sayur dan buah bersama, lalu lomba yel-yel kreatif serta cerdas cermat. 

Ia berharap dari kegiatan tersebut para kader dapat meningkatkan cakupan orang tua untuk datang ke posyandu balita.

Selain itu, lanjut dia, tetap memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk membiasakan hidup sehat.

"Semoga kegiatan jambore pagi ini dapat mengoptimalisasikan kapasitas dari kader kesehatan. Karena para kader dituntut untuk inovatif dan kreatif dalam meningkatkan cakupan kunjungan para orang tua untuk datang ke posyandu balita. Selain itu, juga terus mengkampanyekan perilaku hidup sehat kepada masyarakat di wilayah masing-masing," tuturnya. 

Sementara itu, salah seorang asal Kelurahan Ngampel, Wida, mengatakan jambore ini dapat mempererat kekompakan dan kader dapat mengeluarkan seluruh kreativitasnya. 

"Sangat bagus, kegiatan seperti ini bisa memperkuat kekompakan. Dan bisa menjadi motivasi kami nantinya dalam bertugas untuk terus mengajak masyarakat hidup sehat," kata dia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023