Berwisata ke Kota Madiun tidak lengkap rasanya jika belum naik "Madiun Bus On Tour" atau yang sering disebut Bus Mabour, yakni bus wisatanya Kota Madiun. 

Bus ini mengajak wisatawan atau warga mengelilingi sejumlah jalan protokol Kota Madiun pada malam hari sambil melihat wisata sejuta lampu yang bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa ada pungutan biaya alias gratis. Waaah, asyik kan...

Saat melihat bus ini, pasti dijamin senang. Dikonsep berwarna merah cerah dengan kombinasi warna hitam, membuat wisatawan yang melihatnya ingin naik. 

Selain ciri khasnya berwarna merah, di badan Mabour juga terdapat lukisan ikonik tempat wisata buatan di Kota Madiun, seperti kawasan Pahlawan Street Center (PSC) lengkap dengan miniatur Patung Singa Merlion, Menara Eiffel, Gedung Balai Kota Madiun, gapura lampu memasuki PSC, dan gambar menarik lainnya.

Dalam sepekan, Mabour beroperasi tiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun menyediakan kuota 300 penumpang untuk sekali beroperasi. Terdapat dua Mabour yang disediakan berkapasitas masing-masing bus 30 tempat duduk.
 
Madiun Bus On Tour saat melintas di jalan Kota Madiun, Jatim. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Bagi wisatawan yang ingin menikmati layanan wisata malam dengan Mabour, bisa mengantre tiket mulai pukul 16.30 WIB di Jawa Parkir Area yang lokasinya ada di Jalan Jawa Kota Madiun. Pastikan bisa datang lebih awal, ya karena jika tidak, dijamin telah kehabisan tiket.

Karena gratis dan dinilai seru, peminat wisatawan yang naik Mabour sangat banyak, yang mayoriats anak-anak beserta orang tuanya. Bahkan, para penumpang ana-anak dijamin langsung berteriak tertawa dan berjoget saat pengemudi Mabour membunyikan klakson "telolet".

Saat mengantre untuk mendapatkan tiket, calon penumpang akan didata oleh petugas Dishub serta akan dicetakkan tiket di lokasi. Setelah bus datang, petugas akan memanggil sesuai urutan nomor antrean.

Mabour siap melayani wisatawan mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, atau setelah 300 penumpang habis terlayani.

Adapun rute wisata malam sejuta lampu yang dilewati Mabour yaitu dari Jawa Parking Area menuju Jalan Kartini, Jalan Pahlawan, Jalan Semeru, Jalan Alun Alun Utara, Jalan Alun Alun Barat, Jalan Kolonel Mahardi, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Dr Soetomo, kemudian berakhir kembali ke Jawa Parking area.

"Asyik naik Mabour, seru! Apalagi gratis. Anak-anak suka sekali. Sayangnya harus antre tiket dan kapasitasnya sedikitnya. semoga bisa ditambah lagi," ujar seorang warga Madiun Ria Kurniawati.

Walaupun ia merupakan warga Kota Madiun, namun selalu mengajak keponakannya asal Ponorogo naik Mabour saat berkunjung ke Kota Madiun. 

Sambil menunggu giliran naik Mabour, wisatawan bisa berbelanja aneka jajanan dan makanan di area Jawa Parking.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023