PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menjalankan kereta api tambahan relasi Ketapang – Jember (PP) menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur panjang akhir tahun.

"Kereta api tambahan itu akan menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat Jember yang akan pergi menuju Banyuwangi ataupun sebaliknya," kata Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9, Anwar Yuli Prastyo di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

Menurutnya kereta api tambahan tidak beroperasi setiap hari, tetapi hanya pada hari-hari tertentu yakni pada tanggal 21-26 Desember 2023 dan 29-31 Desember 2023 yang diperkirakan akan ada peningkatan penumpang.

Kereta api tambahan tersebut akan diberangkatkan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 07.30 WIB dan tiba di Stasiun Jember pukul 09.55 WIB.

Sedangkan berangkat dari Stasiun Jember pukul 12.35 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.00 WIB. KA tersebut akan berhenti di beberapa stasiun yakni Stasiun Kalisat, Kalibaru, Kalisetail, Temuguruh, Rogojampi, dan Banyuwangi Kota.

"Bagi penumpang KA Pandalungan yang ingin meneruskan perjalanan menuju Banyuwangi bisa menggunakan kereta tambahan itu karena masih cukup waktu untuk transit di Stasiun Jember," katanya.

Ia menjelaskan KA tambahan beroperasi dengan dua kelas pelayanan yaitu eksekutif dan ekonomi dengan total kapasitas 432 tempat duduk dengan tarif tiket untuk kelas eksekutif sebesar Rp130 ribu dan kelas ekonomi sebesar Rp100 ribu.

"Pemesanan tiket kereta tambahan relasi Jember – Ketapang sudah bisa dilakukan mulai Kamis ini, sehingga bagi masyarakat yang akan bepergian pada tanggal-tanggal tersebut bisa memanfaatkan kereta itu selagi tiket masih tersedia," ujarnya.

Dengan dijalankannya kereta tambahan itu maka jumlah tempat duduk yang disediakan oleh KAI Daop 9 Jember selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru bertambah menjadi 222.264 tempat duduk dengan rata-rata tiket yang tersedia mencapai 12.348 tempat duduk setiap harinya.

"Kami berharap dengan beragam pelayanan yang diberikan oleh KAI dapat menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sehingga bisa mengurangi kepadatan di jalan raya," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023