DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya memperkuat calon anggota legislatif (caleg) dan kader banteng dengan pembekalan peraturan dan teknik kampanye untuk memenangkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md pada Pilpres 2024.

"Salah satu elemen yang bergerak turun ke masyarakat adalah para caleg, karena itu kami perkuat terus konsolidasi antarsesama caleg dan kami berikan pembekalan peraturan dan teknik kampanye, untuk memaksimumkan perolehan suara PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Senin.

Menurutnya, semua caleg PDI Perjuangan diberikan wilayah penugasan berbasis kampung, khususnya selama kampanye berlangsung yakni mulai 28 Nopember 2023 sampai 10 Februari 2024. Pertemuan dengan warga masyarakat berlangsung intens selama ini. Begitu juga dengan kampanye door to door, yakni mengunjungi pemilih dari rumah ke rumah.

"Pertemuan dengan warga masyarakat, semua segmen, semua kelompok, dirancang dengan baik dan intensif untuk melipatgandakan dukungan suara bagi PDI Perjuangan dan Ganjar-Mahfud. Begitu pula gerakan door to door atau dari rumah ke rumah, mengunjungi pemilih dari rumah ke rumah, keluar masuk kampung, yang selama ini sudah dijalankan, menjadi salah satu pergerakan kampanye PDI Perjuangan," kata Adi.

Konsolidasi juga dilakukan di seluruh jenjang struktur PDI Perjuangan di Kota Surabaya untuk terus membangun jejaring dan melakukan pertemuan-pertemuan dengan warga masyarakat.

"Semua lini bergerak untuk melakukan kampanye secara aktif di masyarakat, dan membangun jejaring dengan dengan tokoh-tokoh, kelompok-kelompok dan warga masyarakat luas," kata Adi yang juga Ketua DPRD Surabaya ini.

Terkait pemasangan alat-alat peraga kampanye, kata Adi, PDI Perjuangan Surabaya akan mengikuti dengan regulasi-regulasi yang disusun. Termasuk menjaga ketertiban dan estetika Kota Surabaya.

"Pemasangan alat-alat peraga seturut dengan regulasi yang disepakati bersama, dengan menjaga estetika lingkungan Kota Surabaya," kata Adi.

Lebih dari itu, PDIP Surabaya terus-menerus memperkuat soliditas para kader banteng, termasuk para calon legislatif.

"Soliditas adalah modal kuat bagi PDI Perjuangan di Surabaya. Dan, terus turun ke masyarakat, bertemu dengan warga kampung dan pemukiman. Semua kompak dan solid, memenangkan Pemilu 14 Februari 2024,” kata Adi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud MD. diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023