Kelompok relawan mengatasnamakan "Ganjar Creasi" mengajak generasi milenial dan Z untuk menjajaki potensi bisnis sablon.

Pendukung Calon Presiden Ganjar Pranowo itu salah satunya memberi pelatihan sablon tradisional di Warkop Bukan Hanya Kopi, Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.

"Sablon bisa menjadi peluang usaha potensial bagi milenial dan Gen Z. Apalagi banyak anak muda yang gemar memesan sablon custom untuk kaos," kata Koordinator Daerah Ganjar Creasi Surabaya Afrim Rifky Ariel melalui keterangan tertulis di Surabaya, Senin.

Menurutnya peralatan produksi sablon bisa dimulai dengan yang sederhana dan mudah didapat sehingga milenial dan Gen Z relatif tidak kesulitan memulai usahanya.

“Di Surabaya potensinya sangat besar. Bisnis konveksi penyablonan banyak yang sudah berkembang pesat dan bisa menjadi mata pencaharian,” ujarnya.

Pihaknya memberikan pengetahuan praktik mengenai sablon tradisional dengan teknik cukil, yaitu menggunakan papan kayu yang dipahat membentuk gambar sebagai media cetak di permukaan kain.

Para milenial dan Gen Z sekaligus diperkenalkan bahan-bahan dasar sablon cukil seperti kertas sebagai alas cetak, papan kayu, minyak tanah, kain, tinta, hingga rol karet.

Kemudian mereka diajarkan proses menyablon, mulai dari pemberian tinta pada papan kayu yang sudah dipahat bergambar, menginjak-injak papan tersebut pada permukaan kain, hingga menjemur hasil cetakannya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023