Para pemuda yang tergabung dalam Generasi Emas Nusantara Jawa Timur (GEN Jatim) mendeklarasikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai, jujur dan adil.

Ikrar deklarasi dibacakan secara bersama yang dilanjutkan dengan penandatanganan oleh perwakilan GEN kabupaten/kota se-Jatim. 

"Kami berkomitmen menjaga agar Pemilu 2024 jujur, adil dan jauh dari kecurangan. Para politisi harus melakukan kerja politik yang bermartabat dan menjunjung norma yang berlaku," kata ketua GEN Jatim Muhammad Romli di Surabaya, Minggu.

GEN Jatim merupakan organisasi kepemudaan non profit yang terbentuk atas kesamaan pandangan tentang betapa pentingnya para generasi muda untuk kemajuan bangsa.

Romli mengungkapkan GEN Jatim merasa terpanggil untuk menjaga agar jalannya Pemilu 2024 berlangsung secara damai, jujur dan adil.

"Tugas kita, para pemuda, harus ikut menyadarkan dan menjaga elemen masyarakat dari paparan hoaks dan ujaran kebencian untuk menghindari konflik dan perpecahan di tahun politik," ujarnya.

Romli mengingatkan peran generasi muda dalam demokrasi di Indonesia cukup strategis. 

Di antaranya memiliki andil penting dalam rangka mewujudkan sistem demokrasi yang ideal demi membawa kemajuan bagi bangsa.

"Kami, para anak muda memiliki peran strategis untuk menjadi pusat kemajuan bangsa. Sebuah bangsa yang maju dapat dilihat dari generasi mudanya," tutur Romli.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023