Pemkab Tulungagung, Jawa Timur meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan konsistensi dalam pelaporan kelahiran hasil capaian artificial insemination atau inseminasi buatan (IB) peringkat II se-Jawa Timur pada program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditi Andalan Negeri) tahun 2023.

"Penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemkab Tulungagung dalam mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di Jawa Timur," kata Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno di Tulungagung, Sabtu.

Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno.

Heru mengatakan penghargaan merupakan tolok ukur keberhasilan Pemkab Tulungagung dalam membangun peternakan.

"Salah satunya dengan program IB Sikomandan," katanya.

IB dinilai di Kabupaten Tulungagung dinilai meningkatkan produksi ternak secara signifikan guna meningkatkan populasi ternak.

Berdasarkan data, Kabupaten Tulungagung ini memiliki populasi ternak sapi potong sebanyak 12.200 ekor.

Kemudian pada 2023 mendapatkan intervensi kegiatan inseminasi buatan sebanyak 56 ribu akseptor dengan jumlah lahir sebanyak 37.616 ekor dari target yang ditetapkan sebanyak 35.500 (105,96 persen).

"Artinya, pelayanan inseminasi yang dilakukan berhasil meningkatkan populasi ternak kita," katanya.

Heru tegaskan pihaknya bakal terus berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan peningkatan populasi ternak di Kabupaten Tulungagung.

"Kami akan terus konsisten mendukung program pembangunan peternakan, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta swasembada daging," katanya.

Kegiatan penghargaan ini dilakukan dalam acara Gelar Prestasi Pembangunan Peternakan Jawa Timur Tahun 2023 dengan tema “Insan Peternakan Bersatu yang dilaksanakan di Gedung Graha Samudera Bumimoro Jl. Morokrembangan.

Kegiatan dihadiri Bupati dan Walikota se Jawa Timur serta sejumlah Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di Jawa Timur.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilaksanakan pembacaan komitmen dari seluruh stakeholder peternakan di Jawa Timur untuk terus mendukung Peternakan Jawa Timur menjadi Gudang Ternak Terbesar yang unggul dan terakhir peninjauan area pameran teknologi pembangunan peternakan dan hasil peternakan Jawa Timur.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023