Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memperoleh predikat akreditasi Unggul Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No 946/SK/BAN-PT/Ak/PT/XI/2003 di usia ke-10 tahun.

"Unusa termasuk perguruan tinggi yang mampu memenuhi persyaratan-persyaratan terakreditasi Unggul yang ditetapkan oleh BAN-PT," kata Rektor Unusa Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, pencapaian ini menandakan bahwa tata kelola, sumber daya manusia (SDM), proses belajar mengajar, iklim pembelajaran, prestasi kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta pengembangan sarana dan prasarana, telah berjalan sangat baik di Unusa sehingga melampaui standar nasional.

Atas capaian itu, dia menyampaikan apresiasi atas kontribusi seluruh sivitas akademika Unusa, serta seluruh stakeholders terkait yang selama ini bahu membahu bekerja keras.

"Akreditasi unggul merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika, dan stakeholders lain, seperti para alumni, pengguna alumni, perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga lain yang telah bekerja sama dengan Unusa, dan tentu saja kepada ketua dan pengurus YARSIS, serta para kiai dan masyarakat," ujarnya.

Meskipun telah terakreditasi Unggul, Prof. Jazidie juga mengingatkan bahwa apa yang dicapai Unusa sekarang merupakan tonggak penting untuk menjadi salah perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dan di Asia Tenggara di masa mendatang.

Untuk itu, masih banyak tantangan yang dihadapi dan banyak yang harus diperbaiki serta dikerjakan untuk masa depan yang lebih baik, terutama sekali ketika Unusa harus bersaing di level global.

"Dalam persaingan global yang semakin menantang, akreditasi unggul merupakan pembuka pintu bagi Unusa untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat Indonesia dan dunia," katanya.

Lebih dari sekadar mencetak lulusan, kata dia, Unusa bertekad untuk menjadi pusat pengembangan Ipteks sekaligus pusat pembelajaran yang mampu menghasilkan sumber daya manusia profesional dan pemimpin masa depan dan berkontribusi pada perkembangan sosial dan ekonomi, serta membawa rahmat di level global.

Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan, Ph.D., menyatakan bangga terhadap peran aktif seluruh elemen universitas. Akreditasi Unggul ini, kata dia, merupakan wujud dari kerja keras dan dedikasi bersama yang tidak kenal lelah.

Melalui prestasi dosen, kreativitas mahasiswa, dan peran penting tenaga kependidikan, Unusa terus berkembang menjadi pusat pendidikan yang bermutu di Indonesia.

"Unggul bukan hanya akreditasi yang menjadi momen yang membanggakan, tetapi juga momentum untuk melompat ke depan dengan ke arah yang lebih baik lagi," tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023