PWI Malang Raya bekerja sama dengan pemerintah kota setempat menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 54-55 tahun 2023 berlangsung selama tiga hari, sejak 17-19 November 2023.

Pada hari pertama, pembukaan digelar di aula Hotel Aria Gajayana, sekaligus diskusi ekonomi kreatif bertajuk "MCC Pendorong Ekonomi Kreatif Kota Malang" dengan menghadirkan narasumber Data Consultant Asandra Salsabila dan Koordinator Malang Creative Fusion (MCF) Vicky Arief Herinadharma.

Dalam kesempatan itu, Asandra Salsabila menyampaikan bahwa kehadiran platform teknologi digital kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tidak perlu ditakutkan oleh pelaku ekonomi kreatif, tapi perlu dirangkul.

"Kehadiran AI tidak perlu ditakutkan karena apabila dimengerti dan dimanfaatkan, itu akan bisa memaksimalkan pelaku ekonomi kreatif (di Kota Malang)," katanya.

Menurut Asandra, teknologi digital kecerdasan buatan atau AI itu bisa dimanfaatkan oleh pelaku ekonomi kreatif sebagai software house maupun data manajemen dan lainnya.

Ia mencontohkan, di Jakarta sudah banyak dalam bisnis makanan dan minuman sudah menggunakan aplikasi big data dan data analisis UI research, sehingga mereka berkembang dari sisi teknologi.

"Fasilitas Gedung Malang Creative Center (MCC) di Kota Malang, ini sudah cukup memadai untuk warga Kota Malang mempelajari artificial intelligence dan juga bisa memanfaatkan dengan leluasa TI di MCC untuk pengembangan dan kemampuan," katanya.

Sementara itu, Koordinator Malang Creative Fusion (MCF) Vicky Arief Herinadharma mengatakan Gedung MCC merupakan bentuk kontribusi Pemkot Malang dalam mengelola dan menjaga ekosistem ekonomi kreatif di "Kota Apel" itu.

"Jadi, Gedung 'Malang Creative Center' ini menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk bisa berkolaborasi dan berkembang bersama antarindustri kreatif," katanya.

Data diperoleh, kegiatan UKW angkatan 54-55 tahun 2023 yang digelar oleh PWI Malang Raya, itu seluruh peserta jenjang Muda, Madya dan Utama, sebanyak 48 orang dinyatakan lulus dan dinilai kompeten.

Pada hari ketiga (terakhir), penutupan uji kompetensi wartawan yang diikuti wartawan dari berbagai daerah di Jawa Timur, dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023