Ketua Umum PP Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Prof. DR. KH. Ali Masykur Moesa, MSi., MHum., menilai ISNU adalah "miniatur" NU ke depan, termasuk PW ISNU Jatim.

"Saat ini, ISNU telah menapaki fase trust (kepercayaan) dan hope (harapan) yang tinggi dari NU," katanya dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Rabu.

Di hadapan kader ISNU Jatim dan ISNU cabang se-Jatim di bawah kepemimpinan Ketua PW ISNU Jatim Prof M. Mas'ud Said, ia mengatakan kepercayaan dan harapan NU itu mengacu pada intelektualitas, profesionalitas, dan skill ISNU.

"Karena itu, kader-kader ISNU diharapkan meningkatkan human capital management (capacity building) dan menjaga jaringan ISNU di PT, birokrasi, dan masyarakat. Untuk jaringan politik, ISNU berada di tengah dari hegemoni politik yang ada, karena ISNU adalah kawah kebijakan dan kebersamaan," katanya.

Pra-Konferwil dimulai dengan laporan dari Ketua Umum PW ISNU, Prof. M. Mas'ud Said, lalu dilanjutkan dengan beberapa Cabang ISNU di Jatim  membahas program kerja untuk periode 2023-2028 serta merumuskan rekomendasi dan rancangan organisasi ke depan.

Baca juga: Prof Mas'ud katakan bahwa ISNU Jatim harus memperkuat jejaring internal dan eksternal

Setiap komisi memiliki peran kunci dalam menentukan arah dan strategi PW ISNU. Komisi Rekomendasi dipimpin oleh Prof. Teman Koesmono dengan sekretaris Zainul Abidin dari PW ISNU.

Sementara itu, Komisi Organisasi dikepalai oleh Dr. M. Fadly Yasir dari PP ISNU, didampingi oleh sekretaris Azis Muhammad dari PW ISNU Jawa Timur, lalu Komisi Program dipimpin oleh Alfin Mustikiawan dari Cabang Istimewa UIN Maliki Malang, dengan sekretaris Chandra dari PC ISNU Kabupaten Malang.

"Untuk program kerja ISNU Jatim telah mencanangkan delapan program prioritas, diantaranya penguatan ideologi Aswaja, penguatan cabang, penguatan jejaring dengan negara dan pihak internasional, penguatan digitalisasi atau database organisasi secara digital, penguatan kader di pesantren-kampus, dan sebagainya," kata Prof. Mas'ud Said.

Konferwil PW ISNU Jatim diagendakan di Unisma Malang pada 18 November 2023 untuk merumuskan program kerja, dan rekomendasi yang diusulkan untuk pemerintah, PBNU, PP ISNU, dan jajaran internal-eksternal ISNU. Selain itu juga memutuskan kepengurusan PW ISNU Jatim periode 2023-2028.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023