DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Surabaya mulai mengenalkan nomor urut 3 dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ke warga Kota Pahlawan, Jatim.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Surarwijono di Surabaya, Rabu, mengatakan, segenap kader PDI Perjuangan Surabaya mulai dari satgas, relawan dan simpatisan rakyat menyambut gembira dan penuh antusias saat Ganjar-Mahfud mendapat nomor undian 3.

"Beragam ekspresi ditunjukkan dalam nonton bareng (nobar) di kantor PDIP Surabaya semalam (14/11). Sorak-sorai, mengacungkan 3 jari sebagai salam metal hingga sujud syukur karena nomer yang diharapkan ternyata muncul," katanya.

Menurutnya, hal itu selaras dengan nomor PDI Perjuangan dalam Pemilu 2024, yang selama ini disosialisasikan. Nomor 3, lanjut dia, adalah lambang persatuan, yang akan mendatangkan kemenangan dan kejayaan pada Pemilu 2024.

Adi mengatakan nobar itu digelar kader-kader PDI Perjuangan bersama rakyat di 31 titik kecamatan. Berlangsung di rumah-rumah penduduk, membaur dengan warga masyarakat. Banyak kader banteng yang berharap Ganjar Pranowo-Mahfud MD dapat nomor undian 3.

"Nomor 3 sudah akrab dengan kader-kader banteng, para relawan dan simpatisan. Ganjar-Mahfud akan mempersatukan seluruh rakyat Indonesia," kata Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat menambahkan.

Sementara itu, Relawan Ganjar-Mahfud, Teguh Prihandoko mengatakan pihaknya bersyukur Ganjar-Mahfud mendapat nomor urut 3.

"Ini momentum rek, jangan sampai ketinggalan,” kata Teguh.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. Pasangan Ganjar-Mahfud MD diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3 sebagai peserta Pemilu 2024. Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/11) malam

Selain itu, KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023