Bupati Jember Hendy Siswanto menginstruksikan kepada camat, lurah, dan kepala desa untuk membentuk pos keamanan lingkungan (poskamling) guna menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing menjelang Pemilu 2024.

"Pesta demokrasi yang digelar tahun depan tinggal beberapa bulan lagi sehingga segala persiapan perlu segera dipenuhi, termasuk keamanan di lingkungan masyarakat," katanya di Jember, Senin.

Menurutnya, setiap kampung, setiap dusun, dan setiap lingkungan harus ada poskamling sehingga ada warga yang berjaga secara bergantian saat malam hari yang dikoordinasikan di tingkat RT/RW.

"Tolong hal itu segera dilaksanakan sampai pelaksanaan pemilu selesai karena poskamling sangat penting untuk pengamanan semua wilayah di Jember," tuturnya.

Dengan begitu, lanjut dia, seluruh pelaksanaan tahun politik dapat berjalan dengan kondusif, aman, bahagia, dan tenteram sehingga masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi dengan kebersamaan dan kekeluargaan.

"Tak hanya memberikan keamanan untuk seluruh warga Jember, saya berharap hal itu dapat menjadikan Jember menjadi kabupaten yang lebih baik. Sekali lagi, mohon bantuannya untuk membentuk poskamling demi keamanan," katanya.

Sementara itu, tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan dengan baik di Kabupaten Jember dan tidak ada gejolak karena pihak penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu sudah melakukan tahapan-tahapan sesuai jadwal yang ditentukan KPU RI.

KPU Jember menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.972.216 orang yang terdiri atas 997.449 pemilih perempuan dan 974.767 pemilih laki-laki yang tersebar di 248 desa dan kelurahan di Kabupaten Jember.

Jumlah DPT Pemilu 2024 lebih banyak dibandingkan pada Pemilu 2019 yang tercatat sebanyak 1.832.142 pemilih terdiri atas 904.063 pemilih laki-laki dan 928.079 pemilih perempuan.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 sebanyak 7.706 TPS yang tersebar pada 248 desa/kelurahan di 31 kecamatan di Jember.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023