Kepolisian Resor Blitar Kota memperketat pengamanan gudang logistik Pemilu 2024 milik Komisi Pemilihan Umum setempat selama 24 jam guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Polres Blitar Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Danang Setiyo Pambudi Sukarno di Blitar, Jumat, mengatakan pengamanan dilakukan dengan pemasangan kamera pengawas atau CCTV di area gudang logistik dan penempatan personel serta patroli rutin.

"Pemasangan CCTV di kantor KPU, gudang logistik dan kantor Bawaslu. Tentunya ini sudah melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait, KPU dan Bawaslu," katanya.

Kapolres mengatakan pengamanan ini dalam rangka Operasi Mantap Brata Semeru 2023/2024. Objek vital tersebut merupakan bagian dari empat sasaran dalam operasi yang berlangsung selama 222 hari, mulai 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024. Empat sasaran itu adalah orang, benda, kegiatan, dan lokasi.

"Dengan demikian, objek vital seperti kantor KPU, kantor Bawaslu serta gudang logistik merupakan objek atau sasaran lokasi dalam operasi," katanya.

Danang juga menambahkan Polres Blitar Kota bersama Diskominfo telah mengintegrasikan sekitar 300 titik CCTV yang berfungsi memantau keamanan di Kota Blitar. Hal itu sebagai langkah antisipatif dalam mendukung keamanan dan situasi kondusif menjelang pemilu.

Selain pemasangan CCTV, Polres Blitar Kota juga melaksanakan kegiatan pengamanan berupa penjagaan 1x24 jam dan patroli secara langsung di kantor KPU, Bawaslu, gudang logistik, dan juga objek vital lainnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam mengatakan lembaganya sangat terbantu dengan pola pengamanan yang dilakukan Polres Blitar Kota dengan pemasangan CCTV tersebut.

"Kami tidak ada persoalan dan berpikir positif dengan pemasangan CCTV sebab ini juga terkait dengan pengamanan logistik pemilu. Selain itu, hal ini sebelumnya juga rutin dilakukan oleh Polres Blitar Kota. Pemilihan yang lalu juga dilakukan pengamanan model seperti itu, jadi tidak ada masalah, apalagi gudang kami jauh dari permukiman," kata Choirul.

Dudang logistik KPU Kota Blitar terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Di lokasi itu, petugas keamanan dari KPU Kota Blitar juga berjaga selama 24 jam dibantu aparat kepolisian.

"Penjagaan kami 24 jam bergantian, juga ada dari kepolisian dua orang. Pokoknya 24 jam tidak kosong," katanya.

Untuk saat ini, logistik pemilu yang sudah datang dan disimpan di gudang logistik KPU Kota Blitar adalah bilik suara.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023