Stan desa wisata di Kabupaten Lumajang dinobatkan sebagai stan terbaik dan terunik dalam Festival Desa Wisata Cerdas Mandiri Sejahtera (Dewi Cemara) Jawa Timur yang berlangsung di Kabupaten Sumenep pada 3-5 November 2023.

"Kami mengirimkan dua desa wisata terbaik untuk mengikuti festival itu yakni Desa Pronojiwo dan Desa Pasrujambe," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati, dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Rabu.

Menurutnya, kedua desa wisata menyuguhkan displai yang menarik para pengunjung dan yang paling menarik lagi adanya paket wisata lava tour yang menawarkan keindahan alam dan budaya lokal.

"Saya mengapresiasi apa yang sudah diperoleh perwakilan Kabupaten Lumajang dalam stan desa wisata terbaik dan terunik, sehingga mencuri perhatian para juri dan pengunjung dalam festival itu," tuturnya.

Baca juga: Wisata Puncak B29 Lumajang ditutup akibat meluasnya kebakaran hutan

Kolaborasi Desa Wisata Pronojiwo dan Pasrujambe menarik perhatian pengunjung dengan paket lava tour, wisata alam, dan budaya lokal yang ditawarkan, diapresiasi dan mendapat penghargaan sebagai fasilitator stan terbaik dan terunik dalam Festival Dewi Cemara Jawa Timur.

Festival Dewi Cemara 2023 diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, untuk menjadi ajang edukatif, promosi, dan kolaborasi. Seluruh kabupaten/kota se-Jatim menampilkan desa wisata terbaiknya.

"Saya berharap penghargaan yang diperoleh menjadi motivasi bagi para pengelola desa wisata untuk terus berkarya dan berinovasi, serta memberikan terobosan baru untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Lumajang," katanya.

Yuli optimistis penghargaan itu akan menjadi semangat dan dorongan bagi desa wisata yang lain untuk terus berinovasi dengan menghadirkan produk dan jasa pariwisata serta ekonomi kreatif dalam meningkatkan nilai dan ekonomi lokal desa setempat.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023