Puluhan ribu warga pendukung pasangan bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD di Jawa Timur menggelar Doa Keselamatan untuk Bangsa menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami semua memanjatkan doa untuk keselamatan bangsa," ujar Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya Adi Sutarwijono dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, ada sekitar 50 ribu warga mengikuti acara "Doa Keselamatan Bangsa" yang digelar PDIP di Gelora Joko Samudra, Gresik pada Jumat (3/11) malam. 

Adi mengatakan, sekitar 5 ribuan pendukung Ganjar-Mahfud dari Surabaya hadir di Gresik, berbaur dengan lautan jamaah yang bersholawat dan berdoa dengan khidmat.

"Kader PDIP Surabaya  antusias mengikuti doa bersama di Gresik.  Ada yang naik puluhan bus, sepeda motor, mobil pribadi dan angkutan kota. Mereka yang berasal dari kader dan simpatisan PDI Perjuangan serta pendukung Ganjar-Mahfud," kata Ketua DPRD Surabaya itu.

Acara berlangsung penuh kekhusyukan. Hadir bakal Cawapres Mahfud MD hingga jajaran DPP PDIP di antaranya Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Ketua DPD PDIP Jawa Timur Said Abdullah.

Selain itu, hadir jajaran DPD PDIP Jatim sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jawa Timur.

"Semua datang ke Gresik sebagai saudara, satu keluarga yang punya satu tekad sama yaitu memenangkan Ganjar-Mahfud," kata Puan Maharani.

Tampil sebagai penceramah dai kondang asal Bojonegoro, K.H. Anwar Zahid. Lantunan sholawat dipandu oleh Majelis Syubbanul Muslimin dari Probolinggo bersama Gus Azmi.

Puluhan ribu jamaah tersebut tampak khidmat melantunkan sholawat. Bahkan Cawapres Prof Mahfud MD memimpin langsung pembacaan sholawat, termasuk sholawat Asyghil yang berisi doa untuk Nabi Muhammad SAW serta permohonan agar dijauhkan dari orang-orang zalim.

"Kami berdoa agar orang-orang zalim saling sibuk menzalimi, agar orang zalim mendapat kejahatan dari orang dzalim lainnya," ujar Wakil Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya Achmad Hidayat.

Rombongan dari Kota Surabaya berada di bagian tribun stadion. Mereka khidmat mengikuti rangkaian doa dan sholawat serta menyimak tausiah dari K.H. Anwar Zahid.

"Ini siraman rohani bagi kader PDIP. Setiap hari terus bergerak ke masyarakat, membantu akar rumput. Kini, kami diberi kesejukan sekaligus semangat untuk kembali besok bekerja membersamai warga. Semoga semuanya berkah," ujar ketua PAC PDIP Kecamatan Asemrowo, Surabaya Heri Budi Santoso.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD., serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud MD. diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023