Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat menghidupkan semangat kepahlawanan lewat Gerak Jalan Mojokerto Surabaya (GMS) yang digelar pada 4-5 November 2023.
 
Setelah vakum akibat pandemi COVID-19 dan terakhir dilaksanakan tahun 2019, Gubernur Khofifah memastikan Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya kembali hadir dan digelar meriah.
 
"Ayo masyarakat Jatim ramaikan dan semarakkan Gerak Jalan Mojokerto Surabaya. Ajang ini akan kuat menumbuhkan dan menggaungkan kembali semangat perjuangan dan kepahlawanan bagi seluruh warga bumi Majapahit. Hari ini pendaftaran terakhir," kata Khofifah.
 
Selama gelaran Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya ini berlangsung, sederet artis seperti Denny Caknan, Mr Jono Joni, Snapburn, The Sabtu Pahing, JP Band, dan juga Dj Nandadan siap untuk menghibur masyarakat.
 
Pasalnya dalam rangkaian Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya ini juga akan diramaikan dengan GMS Fest 2023 dengan Festival Tengah Malam di Tugu Pahlawan Surabaya.
 
Gubernur Khofifah memastikan Festival Tengah Malam dimulai pukul 21.30 WIB pada 4 November 2023 dan berakhir pukul 03.00 WIB pada 5 November 2023.
 
"Festival Musik Tengah Malam ini digelar gratis untuk masyarakat Jatim. Selain itu ada hadiah total Rp102,5 juta untuk peserta Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Surabaya. Semoga ajang ini bisa menjadi pemersatu sekaligus menjadi penyemangat kita di Hari Pahlawan," ujar Khofifah.
 
Pendaftaran terakhir hari ini dilakukan melalui online di alamat gjppemprovjatim.com. Masyarakat bisa mendaftar untuk kategori perorangan, beregu pelajar, beregu umum, maupun beregu TNI/Polri.
 
Khofifah menyebutkan Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Surabaya ini mengambil start di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto kemudian finish di Tugu Pahlawan Surabaya.
 
Bagi yang antusias mendaftar, kata dia, dipersilahkan menyiapkan sejumlah kelengkapan persyaratan seperti fotokopi KTP/SIM/KTM/ kartu pelajar dan surat keterangan sehat.
 
Selain itu panitia menetapkan syarat bahwa usia peserta perorangan untuk putra minimal 30 tahun, sedangkan usia peserta putri minimal 25 tahun.
 
Sedangkan untuk peserta beregu minimal 10 orang dengan batasan untuk peserta beregu minimal berusia 17 tahun, serta khusus pelajar wajib menyertakan surat keterangan dari sekolah.
 
Bagi yang sudah mendaftar, calon peserta bisa mengambil nomor dada di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur di Jalan Kayoon Surabaya sejak 27 Oktober 2023 hingga 3 November 2023. Selain itu pengambilan nomor dada juga bisa dilakukan di Lapangan Surodinawan Mojokerto pada 4 November 2023.
 
"Persiapkan fisik semaksimal mungkin. Karena rute gerak jalan yang cukup jauh, maka kondisi tubuh yang fit menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Mari semarakkan Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Surabaya ini jangan sampai ketinggalan," kata Khofifah.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023