Wakil Ketua Koordinator Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, TGB HM Zainul Majdi, menegaskan komitmen terhadap pemberdayaan pondok pesantren beserta para santri di seluruh Tanah Air.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Kamis, TGB menyatakan bahwa santri merupakan salah satu potensi generasi milenial atau Gen Z yang harus dilibatkan serta mendapat perhatian.

"Para santri  telah disiapkan dengan ilmu, keterampilan, dan ketakwaan. Anak ponpes memiliki kemampuan cukup karena mereka meneruskan estafet kepemimpinan bangsa, " ujarnya.

Mantan Gubernur NTB tersebut juga menyampaikan bahwa jumlah santri di seluruh Indonesia mencapai jutaan orang sehingga harus benar-benar dan diarahkan untuk membangun bangsa.

Selain itu, doktor Ahli Tafsir Al Quran itu menjelaskan bahwa di antara komitmen pasangan bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, adalah perhatian kepada jutaan generasi milenial dari puluhan ribu pondok pesantren.

Sementara itu, TGB bersama sejumlah anggota TPN melakukan ziarah ke sejumlah makam ulama di Kabupaten Jombang, silaturahim sekaligus mendengarkan masukan dari tokoh-tokoh pondok pesantren setempat.

"Silaturahim ini diharapkan ada pandangan-pandangan kepada pasangan Ganjar-Mahfud, khususnya tentang pesantren," ucap TGB.

Sementara itu, ziarah kepada pendiri Nahdlatul Ulama yang juga para Pahlawan Nasional sebagai bukti Ganjar-Mahfud menghargai proses panjang perjuangan bangsa Indonesia.

TGB didampingi Deputi Teritori Kinetik Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan bersama Tim TPN mengawali silaturahim ke Ponpes Bahrul Ulum yang diterima Nyai Mundjidah Wahab Hasbullah, KH Wahab Yahya, dan Ketua Yayasan KH Wafiyul Ahdi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan ziarah ke makam pendiri sekaligus penggerak Nahdlatul Ulama KH Wahab Hasbullah. 

Rombongan TPN juga ke Ponpes Al Aziziyah, Denanyar asuhan KH Muiz Aziz Masyhuri sekaligus berziarah ke Makam KH Bisri Syansuri.
 
Dari Denayar, TPN ke Ponpes Tebuireng, Jombang yang diterima Pengasuh Madrasatul Quran Ponpes Tebuireng KH Abdul Hadi, KH Ahmad Roziqi Mudir Ma'had Aly, Ir Abdul Ghofar, dan KH Abdul Hanan.

Rombongan menyempatkan ziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Tak itu saja, rombongan TPN juga mengunjungi KH Tamim Romly di Ponpes Darul Ulum Rejoso.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023