Penasihat Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo, Fandi Utomo, menegaskan salah satu program pasangan bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming terkait penyediaan dana abadi kebudayaan dapat menjamin pelestarian budaya secara berkelanjutan.

"Program Prabowo-Gibran sangat menjamin pelestarian budaya di Tanah Air," ujarnya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, kuatnya identitas Indonesia di antara bangsa-bangsa maka semakin menguatkan posisi Indonesia yang maju dan ditopang strategi kebudayaan.

Selain itu, dana abadi kebudayaan disebutnya sangat penting karena tidak hanya terkait seni tari atau seni lain, tapi juga menyangkut sistem religi, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian, dan sistem teknologi dan peralatan.

"Untuk itu sangat tepat pelembagaan kebudayaan ini mendapatkan program dana abadi," ucap politikus senior tersebut.

Di sisi lain, Relawan KIP-Prabowo di Ponorogo telah menggelar deklarasi, tepatnya di Kecamatan Balong di kabupaten setempat.

Pada kesempatan tersebut juga disuguhkan atraksi reog dan dihadiri ratusan warga perwakilan 21 kecamatan di Ponorogo untuk menguatkan solidaritas dan semangat mengajak masyarakat Ponorogo mempercayakan bangsa ini kepada Prabowo-Gibran di periode mendatang.

Relawan, kata dia, di dalamnya adalah masyarakat sipil dari berbagai latar belakang, bahkan dari berbagai partai, bersatu untuk menyatakan dukungan kepada Prabowo.

"KIP-Prabowo bentuk partisipasi aktif masyarakat sipil Indonesia, kepada proses demokrasi dan pemilu dalam menentukan pemimpin negeri ini," ucap FU, sapaan akrabnya.

Di hadapan ratusan warga, Sekretaris Majelis Pertimbangan Karang Taruna tersebut menuturkan bahwa Ponorogo adalah bumi reog yang setiap desa minimal memiliki dua grup sehingga harus dijaga serta dilestarikan.

Sementara itu, ketua KIP-Prabowo Ponorogo menyampaikan 21 koordinator kecamatan (korcam) telah siap, bahkan sudah bergerak meyakinkan masyarakat bahwa bangsa ini bisa lebih maju di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023