Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional guna mengendalikan laju inflasi di daerah itu.

"Arahan-arahan itu menjadi prioritas dalam pelaksanaan program dan kegiatan ke depan yang akan segera kami tindak lanjuti," kata Ugas Irwanto dalam keterangannya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa.

Pj Bupati Probolinggo Ugas bersama seluruh kepala daerah menghadiri rapat koordinasi (rakor) dalam rangka pemantapan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta mengoptimalkan implementasi program strategis nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi Indonesia di Istana Negara Jakarta pada Senin (30/10).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mendorong pemerintah daerah mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar dengan melakukan pemantauan harga riil di pasar, turun ke lapangan dan jika ada masalah harus dilakukan intervensi dengan subsidi angkutan.

Baca juga: Pj Bupati Probolinggo terima penyempurnaan hasil evaluasi P-APBD Tahun 2023

"Pemkab Probolinggo akan segera mengkoordinasikan arahan-arahan tersebut untuk diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Pada rakor itu , lanjut dia, Presiden Jokowi meminta para kepala daerah untuk mengantisipasi dampak terburuk yang mungkin terjadi akibat perubahan iklim, tahun politik termasuk dampak konflik yang sedang terjadi di luar negeri.

"Sesuai arahan Presiden, Pemkab Probolinggo siap mengawal agenda nasional terutama agenda Pemilu 2024 agar dapat berjalan lancar dan sukses tentunya memerlukan dukungan dari Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo," katanya.

Selain pengarahan Presiden, pada rakor tersebut para penjabat kepala daerah juga mendapatkan pembekalan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan beberapa menteri lainnya sebagai bagian dari evaluasi setiap tiga bulan terhadap penjabat kepala daerah.

Di akhir acara, Penjabat Bupati Ugas dan seluruh kepala daerah yang hadir dalam rakor tersebut berkesempatan untuk berjabat tangan dan foto bersama Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023