Banyak varian kopi yang terus berinovasi dari hari ke hari. Mulai dari kopi susu, kopi aren, kopi coklat, kopi gula aren dan lainnya. Bahkan, ada juga kopi yang sedang viral dan diburu penggemar kopi, yaitu kopi kecap.

Mendengar dan membayangkan rasanya saja sudah bikin bertanya-tanya, apa enak jika kopi diolah dengan komponen makanan yang terkenal manis juga gurih? Ya, begitulah faktanya. Kopi dicampur susu plus kecap manis. Penasaran mencoba, bukan?

Salah satu kafe yang menyediakan menu kopi kecap yakni Kafe "Foodies Gallery". Ada di tengah Kota Surabaya yang beralamat di Jalan Kombes Pol. M. Duryat No.41 A-B, Kecamatan Tegalsari.

Barista "Foodies Gallery" Ridho Alda Hutama menceritakan adanya ide menu kopi kecap tersebut berawal dari video TikTok yang muncul di berandanya lalu iseng-iseng dibuatnya.

Sang barista itu menuturkan, jika awal kopi kecap yang dibuatnya dengan iseng-iseng rasanya sedikit aneh. Setelah melalui beberapa eksperimen, akhirnya menemukan komposisi yang tepat.

Perpaduan antara kopi single, susu fresh, es batu dan kecap bermerek tertentu yang menjadi penutup komposisi, tak jarang membuat orang jadi heran dengan olahan nyentrik itu.

Meskipun terlihat sedikit aneh, namun jangan salah, banyak pelanggan yang sudah terpikat oleh sensasi kopi kecap ala "Foodies Gallery".

Kopi kecap yang tersedia di Kafe Foodies Gallery, Jalan Kombes Pol. M. Duryat No.41 A-B Surabaya. ANTARA Jatim/Yanuar Maulana

Sang barista kafe itu kembali menjelaskan pertama-tama memasukkan susu fresh 100 mililiter dengan es batu sesuai selera ke dalam gelas, kemudian dituangkan kopi single, lalu yang terakhir kecap 20 mililiter.

"Kopi kecap itu harus menggunakan salah satu kecap merek tertentu. Beda rasanya kalau pakai kecap lain merek. Saya pernah pakai kecap dari merk lain, tapi agak berbeda dan menurut saya kurang pas rasanya," ujarnya.

Dari resep yang disampaikan tercipta paduan rasa kopi yang strong, manis serta gurih dari susu fresh dan balutan kecap.

Kafe "Foodies Gallery juga" menyediakan simple syrup atau gula cair terpisah yang disajikan di dalam gelas kecil. Jika dirasa kopi kecap kurang manis bisa ditambahkan sesuai selera.

Harga yang dibanderol juga cukup terjangkau. Dari awal "Foodies Gallery" dibuka pada 2 Oktober 2023, tetap mematok harga Rp18 ribu.

Wadah yang digunakan pun tidak seperti cangkir kopi pada umumnya, yaitu menggunakan gelas kaca ramping meninggi dengan tatakan kayu melingkar di bawahnya.

Semakin penasaran dengan sensasi segar kopi kecap plus es batu di tengah panasnya cuaca siang hari di Kota Surabaya? Datang dan rasakan kesegarannya.
 

Pewarta: Elang Akbar

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023