Eyelink Foundation bersama Natamata Eyewear melakukan pemeriksaan mata dan memberikan 5.000 kacamata baca gratis untuk pekerja nonsektoral dalam rangka World Sight Day (WSD) atau Hari Penglihatan Sedunia yang diperingati setiap Kamis kedua di bulan Oktober, dengan tema "Love Your Eyes at Work".
 
Tim dokter mata Eyelink Foundation, dr. Rina Wulandari Sp.M di Sidoarjo Jumat mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan kepada 70 orang perajin tas kulit di Desa Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo.
 
"Pemeriksaan dan pembagian kacamata baca gratis ini telah dilakukan secara bertahap sejak pertengahan Oktober 2023 hingga 5.000 kacamata baca gratis terdistribusikan," ujarnya.
 
Dalam program ini, kata dia, pihaknya melibatkan banyak komunitas pekerja nonsektoral dan organisasi, seperti IPEMI, APPSI, kampung nelayan, komunitas UMKM, pengusaha warung, serta tas kulit.
 
"Kegiatan ini dilakukan secara bergantian selama Oktober 2023 di berbagai lokasi di Jawa Timur, diantaranya Sidoarjo, Gresik, Lamongan, dan Bangkalan," ujarnya.
 
Salah satu pasien Nurdin mengaku jika setiap kerja matanya selalu buram, terutama saat menjahit.
 
"Belum lagi kalau pas mengaji itu juga sudah tidak jelas melihat tulisannya. Setelah diperiksa ternyata saya memiliki katarak, sehingga perlu untuk pemeriksaan lanjutan," ujarnya.
 
Ketua Yayasan Eyelink Foundation Muhammad Azzam Rabbani menjelaskan banyak kasus kecelakaan kerja seperti cedera mata terjadi akibat minimnya kepedulian para pekerja terhadap kesehatan mata. 
 
“Karena itu, momen World Sight Day ini merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya para pekerja untuk lebih peduli terhadap kesehatan mata,” tuturnya. 

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023