Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, menggelar pameran pendidikan dan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertajuk "Pride of East Java: Probolinggo Expo 2023", di Alun-alun Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, 27 hingga 29 Oktober 2023.

Rektor Unuja KH Abdul Hamid Wahid, di Probolinggo, Jumat, menjelaskan lewat pameran ini pihaknya berharap para pelaku UMKM lokal menemukan wadah baru untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka, sehingga memiliki dampak pada peningkatan ekonomi di tengah masyarakat.

"Pameran ini juga sebagai wujud apresiasi kami terhadap kekayaan budaya dan pendidikan di Probolinggo. Dengan kehadiran warga dan dukungan pemerintah daerah, acara ini diharapkan akan sukses besar dan menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Probolinggo serta seluruh Jawa Timur," kata ulama yang juga Kepala Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton ini.

Menurut Kiai Hamid, pameran ini juga merupakan ikhtiar untuk akselerasi ekonomi dan bisnis di Jatim. "Secara nasional perekonomian kita saat ini ada di masa transisi, ada banyak investasi dipanding. Kondisi global juga mengeluhkan terkait iklim investasi baru. Ini ikhtiar mendorong agar sektor riil bergerak. Sektor ketahanan pangan juga kita dorong bergerak," katanya.

Baca juga: Unuja kembangkan ekonomi digital bumdes di Probolinggo

Pameran itu sendiri dibuka dengan senam pada Jumat pagi yang dihadiri orang bersama jajaran pejabat pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Pada pameran ini, Unuja menggandeng Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Panitia pameran menjelaskan bahwa antusiasme masyarakat untuk memeriahkan acara itu sangat tinggi. Sejak pagi buta, mereka sudah berkumpul di Alun-Alun Kraksaan untuk mengikuti senam sehat. Kemeriahan pagi ini juga tercermin di tenda-tenda yang telah dipenuhi oleh pedagang dari berbagai kalangan UMKM mitra Unuja dan Pemkab Probolinggo.

Bupati Probolinggo, bersama dengan jajaran pejabat pemerintah daerah, pimpinan dan pejabat dari Universitas Nurul Jadid, serta warga masyarakat sekitar, turut hadir dalam acara senam pagi yang berlangsung penuh semangat.

Pada Jumat malam, "Pride of East Java: Probolinggo Expo 2023" akan dibuka. Acara pembukaan akan diwarnai dengan penampilan band-band lokal dan nasional untuk menghibur masyarakat sepanjang malam.

 

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023