Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya meraih penghargaan Dukcapil Prima Award Tahun 2023 kategori Kota dengan Jumlah Penduduk Besar dari Kementerian Dalam Negeri.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua staf Dispendukcapil, baik yang ada di kecamatan, kelurahan, seluruh camat, lurah, serta seluruh masyarakat Kota Surabaya yang tertib administrasi kependudukan," kata Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Eddy Christijanto dalam keterangannya di Surabaya, Rabu.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diterima  Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Eddy Christijanto pada acara Rakornas Dukcapil di Palembang, Selasa (24/10) malam.

Pada kesempatan itu, Dispendukcapil Surabaya tidak hanya mendapatkan piagam penghargaan dan tropi, namun berhasil mendapatkan satu unit sepeda motor Yamaha Vixion. Nantinya, sepeda motor ini akan dipakai petugas untuk membantu pelayanan mobilisasi di kelurahan dan balai RW.

Eddy mengaku bersyukur karena sudah berhasil mendapatkan penghargaan ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang selalu memberikan kesempatan dan memotivasi Disdukcapil untuk melakukan inovasi.

Menurutnya, penghargaan ini diberikan kepada Kota Surabaya karena sudah mampu memberikan pelayanan kepada warga Kota Surabaya dengan berbagai macam inovasinya, seperti Katepay, Lontong Kupang (Isbath Nikah Massal).

Selain itu, ada pula pelayanan Lontong Balap (Pelayanan Terpadu Catatan Sipil), realisasi hasil aktivasi IKD, capaian perekaman KTP el, capaian realisasi kepemilikan akte, capaian KIA dan pelayanan lainnya.

"Semoga dengan diraihnya penghargaan ini akan terus memacu dan meningkatkan kinerja Dispendukcapil Kota Surabaya dalam melayani masyarakat, tentu dengan Moto Dukcapil Surabaya Humanis Berintegritas," katanya.

Eddy memastikan bahwa penghargaan ini bukan yang pertama diterima oleh Dispendukcapil Kota Surabaya di tahun 2023. Pasalnya, pada bulan Februari 2023, Dispendukcapil Kota Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan dari Dirjen Dukcapil.

"Semoga semua penghargaan ini bisa menambah semangat kita untuk terus berinovasi," katanya.
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023