Sebanyak 525 sukarelawan menerima penghargaan Satya Lencana Donor Darah dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

Penyerahan penghargaan diberikan secara simbolis kepada 10 orang penerima. 

Penerima penghargaan tersebut adalah sukarelawan asal Jatim yang masing-masing telah mendonorkan darahh-nya minimal sebanyak 75 kali. 

"Kalau bisa dihitung, sudah berapa banyak orang yang sudah diselamatkan, mudah-mudahan menjadi jariyah panjenengan semua," kata Gubernur Khofifah usai memberikan penghargaan Satya Lencana Donor Darah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (19/10).

Menurutnya donor darah adalah sebuah langkah yang murni dan manusiawi untuk menebarkan kebaikan kepada sesama tanpa membedakan agama, ras, warna kulit dan golongan. 

"Dengan berdonor darah tidak hanya menyelamatkan orang lain tetapi juga menyehatkan diri sendiri," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu berharap masyarakat, di Jatim khususnya, terus berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial donor darah. 

"Karena selain untuk membantu sesama, juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental," tuturnya.

Kepada para penerima penghargaan, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya telah bersuka rela mendonorkan darahnya secara rutin. Bahkan ada di antara mereka yang telah mendonorkan darahnya lebih dari 75 kali.(*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023