Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, mengecek kendaraan dinas, termasuk sarana prasarana lain untuk kesiapan petugas melaksanakan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 pengamanan Pemilu 2024.

Wakapolres Situbondo Kompol I Made Prawira Wibowo menjelaskan bahwa pengecekan kendaraan dinas operasi pengamanan Pemilu 2024 yang dimulai hari ini guna memastikan semua kondisi kendaraan dalam kondisi bagus sehingga mendukung kegiatan mengamankan setiap tahapan pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

"Hari ini kami melakukan pengecekan dan pemeriksaan kondisi dan kelayakan kendaraan dinas di masing-masing satuan fungsi Polres Situbondo dan polsek jajaran," katanya di Situbondo, Kamis.

Menurut dia, Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 yang berlangsung selama 222 hari mulai tanggal 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024 harus menjamin kendaraan operasional kepolisian selalu dalam kondisi siap digunakan setiap kesempatan.

Baca juga: Polisi jerat pasal berlapis pelaku perburuan satwa dilindungi

"Pemeriksaan dan pengecekan kendaraan dinas dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 untuk menunjang pelaksanaan tugas operasional kepolisian," katanya.

Dalam Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 tercatat ada sekitar 4.680 personel gabungan dari Polri, TNI, dan satuan perlindungan masyarakat (linmas) yang terlibat dalam pengamanan setiap tahapan pemilu.

Dari 4.680 personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024 itu terdiri atas 400 personel kepolisian, TNI 250 personel, dan linmas 4.030 personel.

Sebelumnya, Polres Situbondo telah menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) dalam upaya mengantisipasi dan mempersiapkan pengamanan untuk menyukseskan pemilu.

Latihan sispamkota menjelang pemilu yang digelar di halaman Mapolres Situbondo itu fokus pada simulasi pengamanan setiap tahapan pemilu, baik pemilihan legislatif dan pemilihan presiden termasuk dalam pengendalian massa.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023