Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyemarakkan gelaran Piala Dunia U-17 yang mulai digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 dengan melakukan pemasangan spanduk, umbul-umbul, hingga tayangan videotron di sejumlah titik.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayanti mengatakan proses pemasangan ornamen Piala Dunia U-17 sudah dilaksanakan sejak tiga minggu lalu.

"Awal itu masuk di papan reklame, videotron, kemudian kami lengkapi dengan spanduk, dan umbul-umbul," kata Wiwiek kepada ANTARA melalui sambungan telepon, Selasa.

Khusus untuk tayangan yang ada di videotron dan spanduk di papan reklame merupakan andil dari para penyedia jasa layanan iklan di Kota Surabaya.

Mereka, kata Wiwiek juga punya keinginan berpartisipasi melakukan sosialisasi gelaran kejuaraan dunia kelompok usia.

"Yang dipasang di billboard, videotron itu merupakan inisiatif dari teman-teman biro iklan," ucapnya.

Sejauh ini spanduk maupun umbul-umbul piala dunia masih banyak ditemui di wilayah pusat kota, namun ke depannya Disbudporapar melakukan penambahan secara bertahap.

"Memang kami sedang proses cetak juga, jadi bertahap. Kemarin saya lihat yang dari Margomulyo ke arah Tandes sudah terpasang," kata dia.

"Jadi tidak hanya tengah kota tetapi juga di timur, barat, selatan, utara, dan pusat," lanjutnya 

Wiwiek menambahkan spanduk dan umbul-umbul saat ini juga sudah terpasang di setiap kantor kecamatan dan kelurahan se-Kota Surabaya.

"Jadi kami pasang juga di sana, karena masyarakat sering berkunjung ke sana untuk memohon pelayanan," ucapnya.

Pantauan ANTARA, spanduk dan umbul Piala Dunia menghiasi sejumlah titik di wilayah pusat Kota Surabaya, seperti di Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Jalan Tunjungan, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Sedap Malam.

Ornamen piala dunia itu terdiri dari dua warna, yakni biru muda dan kuning juga dilengkapi dengan corak warna-warni, seperti merah serta oranye.

Selanjutnya juga ada gambar tropi Piala Dunia U-17 bertuliskan FIFA, tepat di bawahnya ada tulisan "U-17 World Cup Indonesia 2023".

Sebagaimana yang diketahui, Kota Surabaya ditunjuk sebagai salah satu lokasi kota penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-17.

Tim Nasional Indonesia yang tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko akan bertanding Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).(*)

 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023