Kepolisian Resor (Polres) Malang menggelar silaturahim dengan para tokoh agama, masyarakat dan perempuan di wilayah Kabupaten Malang dalam upaya untuk menjaga menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakapolres Malang Kompol Wisnu S Kuncoro di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa pertemuan itu merupakan langkah proaktif Polres Malang untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut khususnya jelang Pemilu 2024.

"Kita harus selalu ingat bahwa situasi aman tidak tercipta dengan sendirinya, tetapi harus dicapai melalui kerja keras dan kerja sama dari seluruh komponen masyarakat," ujar Wisnu.

Wisnu menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, Polres Malang berharap dapat menghasilkan gagasan serta mencapai kesamaan persepsi tentang strategi pemeliharaan dan pengelolaan keamanan yang efektif di wilayah hukumnya.

Menurutnya, saat ini dinamika kehidupan sosial, budaya, dan politik yang berkembang dengan cepat, serta ada pengaruh terhadap pola pikir dan perilaku masyarakat. Dengan kondisi tersebut, maka perlu penguatan komunikasi dengan para tokoh masyarakat agar situasi keamanan dan ketertiban bisa terjaga.

"Kami merasa sangat penting untuk terus menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki pengaruh dalam menyampaikan pesan dan informasi kamtibmas kepada masyarakat di lingkungannya," ucapnya.

Ia menambahkan, melalui forum tersebut, Polres Malang berharap para tokoh yang hadir dapat berkontribusi dalam menciptakan situasi yang harmonis, tenteram, dan damai di wilayah masing-masing.

"Tujuannya adalah mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, sesuai dengan harapan bersama," katanya.

Sementara itu berdasarkan catatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Malang, keamanan merupakan tanggung jawab bersama, mengingat wilayah tersebut memiliki dinamika sosial, politik, ekonomi, dan keamanan yang tinggi.

Kewaspadaan merupakan langkah kunci dalam menghadapi segala potensi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dengan fokus pada deteksi dini dan pencegahan, khususnya untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023