Dua selebritas yang dikenal sebagai pehobi sepeda, yakni Luna Maya dan Nirina Zubir mengikuti ajang balap sepeda Tour of Kemala 2023 yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (8/10) kemarin.

Luna dan Nirina bersama rombongan mengikuti race hari kedua balap sepeda sejauh 55 kilometer. Tour of Kemala digelar atas kolaborasi Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI).

Luna Maya mengaku terpikat dengan alam Banyuwangi yang menurutnya masih sangat terawat. Ia juga senang bisa merasakan udara sejuk dan segar khas pedesaan.

"Seru, pemandangannya menyenangkan. Secara experince sangat menyenangkan, dan warganya di sepanjang jalan memberi semangat. Di sini udaranya segar banget. Polusinya enggak ada. Nafasnya bisa puuool seger," katanya.

Selain alam, Luna Maya juga menyukai kuliner khas Bumi Blambangan itu.

"Makanannya enak. Aku sudah makan ketan sama rujak soto. Mantap," katanya.

Sementara itu, Nirina Zubir juga ikut meramaikan ajang ini. Dia sangat menikmati bersepeda di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Senang banget bisa bersepeda di Banyuwangi. Kami seperti dimanja. Nyaman bagi para pesepeda. Yang paling menyenangkan adalah support dari masyarakat di sepanjang rute. Ini benar-benar membuat kami bersemangat melanjutkan gowes," ujar Nirina Zubir.

Nirina juga menceritakan kekagumannya terhadap arsitektur hijau Bandara Banyuwangi.

"Bandaranya keren, banyak penghijauan.  Kotanya juga cantik. Pokok Banyuwangi menyenangkan lah," katanya.

Balap sepeda digelar Yayasan Kemala Bhayangkari dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) itu berlangsung dua hari, 7-8 Oktober 2023, di Banyuwangi dengan peserta 1.400 orang dari berbagai daerah dan kalangan.

Mulai dari pehobi olah raga bersepeda, komunitas, pebisnis, pejabat kepolisian, hingga para penghobi olahraga sepeda.

Balap sepeda ini dihadiri langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang juga ketua umum PB ISSI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto, beserta segenap jajaran Mabes Polri.

Tour of Kemala dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori Race dengan jarak 128 km dan kategorinya fun bike dengan jarak 55 km. 

Para peserta melintasi beberapa lokasi wisata dan tempat ikonik di Banyuwangi. Seperti Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Awards 2022.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023