CEO M.E. Social Media Management & Marketing Services Merlianny Effendi menyebut mayoritas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Surabaya mampu berkembang pesat, karena mampu menyelaraskan antara permintaan pasar dengan kreativitas.

"UMKM di Surabaya berkembang pesat, seperti di Jalan Tunjungan saat ini banyak diketahui karena modal kreatif mereka bisa dikenal," kata Merli saat memberikan keterangan melalui acara "Satu Dekade Mendukung Bisnis Lokal Eksis di Dunia Maya Bersama M.E." di salah satu kafe di Surabaya, Kamis sore.

Kreativitas pelaku UMKM, kata dia ditunjukkan dengan keberanian melakukan eksperimen pada peningkatan kualitas, kemasan, hingga tampilan produk.

Hal tersebut pada akhirnya mampu menarik minat masyarakat untuk berbelanja produk olahan.

"Bahkan secara kemampuan menjalankan bisnis mereka sudah mumpuni tetapi mereka juga masih membutuhkan pengalaman dan harus terus bertumbuh," ujarnya.

Sementara itu, dia berharap para pelaku UMKM di Kota Surabaya bisa terus mengembangkan ide bisnis, sehingga bisa tetap berkembang seiring berkembangnya tren pasar.

"Kalau UMKM terpengaruh dari pemiliknya, tahun-tahun pertama istilahnya dari dunia teori ke dunia nyata membutuhkan proses dan tidak bisa di instan," ucapnya.

Di sisi lain, Merli menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap memiliki peran besar pada laju pertumbuhan UMKM di wilayah setempat.

"Pemerintah setempat bisa semakin terjun membantu promosi mereka," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023