PT XL Axiata menyepakati kerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam penerapan smart metering untuk mempermudah pengawasan pemakaian dan efisiensi konsumsi listrik di seluruh menara base transceiver station (BTS) di perusahaan telekomunikasi tersebut.

Direktur & Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan penerapan smart metering menggunakan advance metering infrastructure (AMI) dan automatic meter reading (AMR).

"Tentunya inisiasi kerja sama ini memiliki latar belakang yang tidak terlepas dari hal tersebut, kami sangat yakin kerja sama antara XL Axiata dan PLN ini memiliki potensi yang saling menguatkan dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan juga memberikan dampak yang baik bagi masing-masing perusahaan," kata Yessie melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Melalui kerja sama membentuk potensi integrasi antara produk voucher PLN ke dalam ekosistem touchpoints milik XL Axiata.

"Potensi kerja sama solusi business-to-business, XL Axiata sangat yakin kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi masing-masing pelanggan," ujarnya.

Sementara, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menjelaskan dukungan infrastruktur jaringan perusahaan telekomunikasi dilakukan dengan penyediaan tenaga listrik untuk menara BTS.

"Peningkatan akurasi konsumsi listrik dengan penyediaan AMI, AMR yang semua itu akan dapat mempermudah XL Axiata mengawasi pemakaian kWh di seluruh menara BTS XL Axiata," katanya.
 
Berdasarkan data yang ada, tercatat sebanyak 98 persen menara BTS XL Axiata sudah terkoneksi dengan jaringan infrasruktur PLN.(*)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023