Telkom Indonesia melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS bekerja sama dengan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Oepomo Lantamal V Surabaya mendukung upaya pemerintah dalam mengentaskan masalah kebutaan yang disebabkan oleh katarak di Indonesia dengan menggelar operasi katarak gratis.

Selaku ketua UPZ BAZNAS Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra Agus Budi Santoso dalam keterangannya di Surabaya, Selasa, mengatakan pelaksanaan operasi katarak yang diikuti oleh 22 orang pasien yang sudah melalui tahapan screening itu melibatkan 42 tenaga Kesehatan (Nakes) dari Rumkital dr Oepomo Lantamal V RSPAL dr. Ramelan dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

"UPZ BAZNAS Telkom melakukan banyak kegiatan dalam menyalurkan Ziawaf (zakat, infak, sedekah, wakaf)para Muzakki karyawan Telkom Indonesia. Operasi katarak gratis ini hanya salah satu kegiatan. Beberapa kegiatan lainnya yang sudah dilakukan antara lain pemberian beasiswa, pemberdayaan ekonomi para duafa dan beberapa kegiatan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager Shared ServiceTelkom Regional 5 Jatim Bali Nusra Luthfy Hanum mengatakan kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan terutama bagi penderita katarak.

"Agar para penderita katarak bisa tertangani tentunya dengan penanganan yang tepat," ucapnya.

Sementara, salah satu pasien asal Surabaya yang bernama Imam Muji menyampaikan rasa Syukur dan ungkapan terima kasih bisa mendapatkan layanan operasi katarak gratis tersebut.

"Alhamdulillah saya sudah dioperasi katarak dengan gratis di Rumah Sakit AL dr. Oepomo Surabaya ini. Semoga pihak-pihak yang membantu yakni UPZ Baznas Telkom, Perdami dan Rumkital dr Oepomo ini bisa semakin maju dan berkembang serta bisa terus dirasakan kemanfaatannya untuk masyarakat sekitar," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir perwakilan management Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra Luthfy Hanum selaku Senior Manager Shared Service bersama Ketua UPZ BAZNAS Telkom Regional 5 Agus Budi Santoso.

Selain itu, hadir juga Kepala Rumkital Dr Oepomo Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Letkol Laut (K) dr. Jemmy Sasongko dan Ketua Perdami Jatim Dokter Muhammad Firmansyah SpM (K).

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023