Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto langsung gerak cepat sehari usai dilantik dengan memimpin rapat koordinasi seluruh organisasi perangkat daerah dan camat di Ruang PIRC Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin.

"Saya memberikan penekanan pada beberapa hal penting dan strategis terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," kata Ugas di Probolinggo.

Ia juga meminta jajarannya untuk menjaga soliditas dan kekompakan serta tidak terlalu banyak berkomentar hal-hal yang tidak perlu, baik di lingkungan kerja maupun media sosial.

"Terlebih jelang pesta demokrasi Pemilu 2024 agar lebih berhati-hati terkait politik dalam rangka menjaga netralitas sebagai ASN," tuturnya.

Selain itu, Ugas meminta agar para ASN tidak menampilkan gaya hidup mewah dan hedon, terlebih di media sosial, termasuk saat mengadakan kegiatan, baik itu kedinasan ataupun pribadi, agar diselenggarakan secara sederhana.

Mengenai proses mutasi, baik itu promosi maupun rotasi, Ugas mengatakan bahwa proses mutasi yang dilakukan telah diperhitungkan secara matang dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

"Di antaranya penilaian kinerja dan kompetensi hingga proses asesmen sehingga tidak ada tendensi kepentingan pribadi atas kebijakan yang dibuat oleh pimpinan," katanya.

Sebagai pencetus BUS PATAS (Bersama Untuk Sinergi : Loyalitas, Kualitas, Efektivitas dan Tuntas), Penjabat Bupati Probolinggo menekankan agar menjadikan slogan tersebut sebagai pendorong percepatan pelaksanaan program dan kegiatan prioritas, di antaranya penurunan angka kemiskinan, stunting dan percepatan pembangunan infrastruktur.

"Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan dan lompatan-lompatan program dan kegiatan dalam rangka penurunan angka kemiskinan dan percepatan prioritas pembangunan," ujarnya.

Ugas juga memberikan penekanan terhadap pentingnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah karena pihaknya berkomitmen memastikan setiap anggaran yang digunakan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

"Saya mohon doa dan dukungan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo serta masyarakat. Saya mengajak semua perangkat daerah saling melengkapi dan bersinergi untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo," katanya.

Terhitung mulai tanggal 25 September 2023, Penjabat Bupati Ugas Irwanto telah menunjuk Kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023