Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur membentuk gerakan konsolidasi melalui "Musyawarah Reboan" sebagai langkah pemenangan pasangan bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ketua SKI Pulau Bawean Ilham Syifa melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Jumat, mengatakan siap menyosialisasikan pasangan "AMIN" kepada masyarakat di wilayah setempat.

"Dengan kehadiran Gus Imin membuat teman-teman siap memenangkan pasangan AMIN, termasuk kalangan kiai dan pesantren," kata Ilham.

Sementara itu, pengurus pusat SKI Untoro Hariadi mengatakan mekanisme pelaksanaan "Musyawarah Reboan" bertujuan memurnikan nilai demokrasi.

Karena itu, pihaknya siap menangkap seluruh keresahan masyarakat pada munculnya persoalan sosial yang ada. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menggalang dukungan masyarakat setempat

"Proses ini sebenarnya memaknai kembali demokrasi sebagai proses substansial, alih-alih sebagai proses elektoral apalagi transaksional. Tetapi di saat bersamaan metode ini bisa direplikasi dan dikerjakan oleh siapapun," ujarnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023