Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Timur menargetkan empat dari 16 emas yang diperebutkan pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh – Sumatra Utara 2024.
 
Sekretaris Umum FAJI Jatim Nurul Ansori dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan target empat emas tersebut antara lain dari nomor R4 putri, R6 putri, R4 putra dan R6 putra dengan kekuatan enam atlet putra dan putri.
 
"Pesaing untuk putra yaitu Jabar, DKI dan Jateng, sedangkan putri Jabar dan Jateng," ucapnya.
 
Menurut dia, Arung Jeram BK PON mempertandingkan empat disiplin lomba, yakni sprint, head to head, slalom dan downriver race (DRR).
 
"Jatim masuk babak kualifikasi di zona II, akan menjadi yang terakhir digelar dan diikuti oleh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, yang akan berlangsung di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat, pada 21-30 September 2023," ujarnya.
 
Perlu diketahui, BK PON XXI Aceh – Sumatra Utara 2024 cabor Arung Jeram masuk dalam Klasifikasi E dan akan dibagi dalam tiga zona dengan waktu pelaksanaan yang berbeda. 
 
Zona I, terdiri dari wilayah Sumatera yakni Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bengkulu dan Lampung yang diselenggarakan di Sungai Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 17-26 Agustus 2023.
 
Zona II, diikuti oleh delapan Pengprov Arung Jeram yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, serta Nusa Tenggara Barat, yang akan berlangsung di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat, pada 21-30 September 2023.
 
Selanjutnya, untuk zona III diikuti wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, berlangsung pada 30 Agustus hingga 8 September 2023, di Sungai Nimanga, Minahasa, Sulawesi Utara.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023