Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Juanda, Jawa Timur berkomitmen kuat terhadap inklusi dan kesetaraan kepada pekerja disabilitas dalam program Inclusive Job Center (IJC).
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda Guguk Heru Triyoko di Surabaya, Selasa, melakukan, penyerahan simbolis kepada penerima manfaat program IJC, Hansel Nauval Ramadhan.
 
Hansel merupakan seorang pekerja disabilitas pendengaran yang berhasil diterima bekerja di Mitra Belanja Anda (Hokky Supermarket) dan diundang dalam kegiatan Job Fair Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.
 
"Program IJC adalah inisiatif penting dari BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk mendukung inklusi pekerja disabilitas ke dalam dunia kerja," ujarnya.
 
Melalui platform ini, kata dia, pencari kerja disabilitas dapat berinteraksi dengan pemberi kerja yang menyediakan peluang kerja yang merangkul keragaman dan mengakomodasi semua orang.
 
"IJC bertujuan mengurangi dan menghilangkan hambatan akses, partisipasi, dan prestasi di pasar tenaga kerja dan kehidupan sosial. Sehingga, semua individu dapat berpartisipasi dengan setara di pasar tenaga kerja yang sama," ujarnya.
 
Guguk Heru Triyoko menjelaskan, komitmen BPJS Ketenagakerjaan adalah memastikan bahwa semua individu, termasuk mereka yang memiliki disabilitas, memiliki kesempatan yang sama di pasar tenaga kerja.
 
"Program IJC adalah salah satu langkah konkret dalam mendorong inklusi pekerja disabilitas di Indonesia," tuturnya.
 
Ia mengatakan, Hansel Nauval Ramadhan adalah contoh nyata dari keberhasilan Program IJC ini. Dengan semangat dan keterampilan kerja, Hansel telah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi tim perekrut Hokky Supermarket.
 
"Ini adalah bukti nyata bahwa dengan dukungan yang tepat, individu dengan disabilitas dapat menjadi aset berharga di tempat kerja," ucapnya.
 
Program IJC juga sejalan dengan implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, yang mendorong akses yang lebih baik bagi individu disabilitas di berbagai aspek kehidupan, termasuk di pasar tenaga kerja.
 
Ia menambahkan BPJS Ketenagakerjaan adalah lembaga yang berkomitmen untuk melindungi dan memberdayakan pekerja di Indonesia.
 
Program IJC adalah salah satu dari banyak inisiatif yang dijalankan untuk mendukung kesetaraan dan inklusi di pasar tenaga kerja.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023