Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberangkatkan sebanyak 483 atlet ajang Porprov Jatim VIII tahun 2023 dan diharapkan bisa masuk lima besar.

"Target lima besar, semoga bisa nomor dua lagi. Mudah-mudahan. Kami tidak memiliki atlet yang sangat banyak, sekarang sejumlah 483 orang. Tidak sebanyak daerah lain, yang sampai 800 atlet," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Selasa.

Ia juga meminta agar para atlet menunjukkan daya saing mereka secara maksimal sehingga bisa bertanding dan dapat banyak medali.

Wali Kota mengungkapkan saat ini sejumlah pertandingan sudah digelar dan Kota Kediri berhasil meraih medali di antaranya adalah pencak silat yang meraih perunggu.

Dirinya berharap latihan bagi para atlet tetap diperhatikan termasuk anggaran yang cukup sehingga atlet jadi lebih bersemangat karena mendapatkan perhatian lebih.

"Saya berpesan tahun berikutnya lebih diperhatikan. Harus punya porsi anggaran cukup sehingga atlet yang berjuang untuk Kota Kediri dapat perhatian lebih," kata dia.

Ia pun meminta agar atlet yang bertanding hanya boleh menang dan kalah secara terhormat. Jika ada kecurangan, atlet harus melapor bahkan, sebab mereka sudah latihan sejak usia dini.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Kediri Kwin Atmoko mengatakan Kota Kediri mengikuti 38 cabang olahraga dari 54 cabang yang dipertandingkan.

"Dari 54 cabang olahraga, kita ikut 38 cabang olahraga. Target kami dapat 50 sampai 70 medali emas. Tahun lalu kami di peringkat empat dengan 41 emas, 57 medali perak, dan 29 perunggu," katanya.

Untuk hasil sementara yang didapat atlet Kota Kediri ada empat medali perunggu dari cabang olahraga pencak silat, satu medali perak dari cabang olahraga taekwondo, dan satu medali perunggu dari taekwondo.

Ia menambahkan, untuk capaian hasil lain yaitu sepak bola putri masuk empat besar, sedangkan sepak bola putra masuk fase delapan besar dan futsal 16 besar. 

Pihaknya juga sudah menyiapkan bonus bagi atlet yang berprestasi kurang lebih Rp3 miliar hingga Rp4 miliar. Untuk atlet perorangan yang mendapat medali emas dapat bonus Rp20 juta, untuk medali perak Rp10 juta dan medali perunggu dapat bonus Rp5 juta.

Dirinya mengakui persaingan cukup berat, karena atlet yang berlaga di PON diperbolehkan ikut serta.

"Sekarang persaingan berat sekali karena atlet nasional maupun atlet PON boleh ikut. Jadi, ya cukup berat, maksimal atlet yang ikut berusia 23 tahun," kata dia.

Porprov Jatim VIII tahun 2023 digelar di tiga Kabupaten/Kota yaitu Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. Porprov tersebut dimulai pada 9-16 September 2023.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023