PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Sales and Operation Region III (SOR III) menggelar pelatihan barista kepada 15 orang anggota Karang Taruna Desa Tambak Kalisogo, Kabupaten Sidoarjo, sebagai bagian menghadirkan nilai tambah perekonomian.

"Mengajak masyarakat, khususnya di Desa Tambak Kalisogo meningkatkan kemampuan dan memberikan edukasi terkait kopi yang nantinya bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar," kata General Manager SOR III Edi Armawirai melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Rabu.

Dia menyebut alasan digelarnya pelatihan itu juga merupakan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PGN SOR III.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut disebutnya sebagai upaya PGN bersinergi dengan daerah atau desa dan lingkungan sekitar operasi dalam rangka mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan lingkungan. 

"Program Corporate Social Responsibility (CSR) PGN SOR III juga sejalan dengan pengelolaan bisnis perusahaan dengan mengedepankan Environment, Social, Governance (ESG), serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainability Development Goals (SDGs) pilar ketiga, yakni kehidupan sehat dan sejahtera," ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Tambak Kalisogo Sugeng menyebut para peserta Karang Taruna antusias dalam mengikuti pelatihan yang dilakukan dengan diajak untuk berlatih membuat kopi dan mengenal jenis-jenis kopi, seperti arabika, robusta, dan campuran.

"Di kesempatan ini juga, peserta diajak untuk berlatih beragam penyajian kopi, seperti menentukan suhu air hingga teknik menyeduh kopi, seperti kopi tubruk, espresso, v60, hingga vietnam drip," ujarnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023