Salah satu platform penjualan daring di Indonesia membagikan sejumlah manfaat rempah pada minuman tradisional untuk kesehatan gai masyarakat yang menyukai sajian herbal.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Selasa, mengatakan, sejak dahulu, Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah, sehingga jenis dan cita rasa makanan serta minuman Indonesia sangat beragam.

Bahan rempah yang pertama, lanjutnya, ialah jahe, selain bermanfaat untuk menguatkan rasa pada masakan, rempah yang masuk dalam famili Zingiberaceae tersebut sudah dikenal sejak dulu sebagai obat herbal.

"Masyarakat Indonesia mulai menyukai dan mengonsumsi Jahe untuk kesehatan mereka, ini terlihat juga di kami bahwa jumlah transaksi jahe dan wedang tertinggi selama semester I 2023 terjadi di wilayah Kota Medan, Kota & Kab. Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kab. Sidoarjo," ujar Rizky. 

Menurut Rizky, yang kedua kunyit, dapat menghasilkan antioksidan dan antiinflamasi jika dikombinasikan dengan senyawa piperin. Bahkan, dalam sebuah penelitian, kunyit dapat mengelola sindrom metabolik (gula darah, obesitas, dan kolesterol), nyeri pada sendi, dan kecemasan.

Selanjutnya kayu manis, pengunaannya pada minuman tradisional pun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh masyarakat. Zat yang terdapat pada rempah yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum itu yakni memberikan kemampuan memodifikasi respons sistem kekebalan tubuh dan pada minuman tradisional, dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk meringankan gejala tersebut.

Oleh karena banyak manfaatnya, pihaknya berusaha mendekatkan para penjual dan pembeli melalui program Hyperlocal.

"Melalui inisiatif Hyperlocal, kami berkomitmen mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada. Serta kami memudahkan masyarakat mengakses produk yang mendukung gaya hidup sehat lewat berbagai program," katanya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023