Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang ada di Inggris untuk menguatkan jejaring.

"Karena kuatnya jejaring adalah salah satu kunci," kata Khofifah saat menghadiri temu ramah PC IKA Unair Inggris sebagaimana rilis yang diterima di Surabaya, Selasa.

Dia mengatakan IKA Unair Inggris merupakan salah satu IKA Unair terbesar yang ada di luar negeri setelah Malaysia. Artinya potensi yang dimiliki IKA Unair Inggris sangatlah besar.

"Saya berharap IKA Unair cabang Inggris ini bisa menjadi penghubung IKA Unair dari negara-negara di Eropa," ujar Khofifah.

Menurut wanita yang juga Ketua IKA Unair itu, alumni bersama jajaran sivitas akademika juga harus menyiapkan diri untuk berkontribusi menuju Indonesia Emas 2045.

"Kita memiliki potensi merumuskan hal-hal strategis yang bisa dikontribusikan baik dalam pengembangan IKN (Ibu Kota Nusantara) maupun berkontribusi menjemput Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Dengan proses pembangunan IKN, lanjut Khofifah, Unair bisa menjadi episentrum dari berbagai perguruan tinggi strategis terutama menjadi leader di antara perguruan tinggi di Indonesia Timur.

"Maka ikatan alumni harus bisa mengakomodasikan pikiran-pikiran besar dan strategis bagaimana Unair menjadi bagian episentrum pemikiran pengembangan IKN," katanya.

Mantan Menteri Sosial itu menyampaikan bahwa saat ini Jatim yang juga sebagai center of gravity Indonesia Timur memiliki banyak capaian signifikan yang membuat provinsi itu diperhatikan di kancah nasional maupun internasional.

"Secara de jure IKN telah diputuskan di Kaltim, namun sesungguhnya de facto Jatim akan tetap memegang kunci dalam perkembangan IKN di masa depan," tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya mengaku senang dengan kehangatan dan kekeluargaan IKA Unair.

"Saya merasakan hangatnya kekeluargaan IKA Unair dan merasakan semakin besarnya kiprah IKA Unair baik di kancah nasional maupun internasional semenjak kepemimpinan ibu Khofifah Indar parawansa," ucap Desra yang juga anggota IKA Unair tersebut.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023