Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam seribu bibit pohon bertajuk "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini" sebagai upaya mengembalikan efektivitas lahan agar berfungsi dengan baik dan optimal.

Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto mengemukakan bahwa kegiatan penanaman seribu bibit pohon tidak hanya dilakukan anggota Polres, tapi juga dilaksanakan secara serentak oleh kepolisian sektor (Polsek) yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo.

"Kegiatan ini dalam rangka peran serta Polri melaksanakan penghijauan utamanya memprioritaskan tanah atau lahan tandus dan perlu adanya penghijauan," kata Kompol Pujiarto di sela menanam bibit pohon di kawasan Satuan Administrasi (Satpas) Polres Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Menurut dia, penghijauan harus dilakukan sejak dini, karena melalui penghijauan dengan menanam bibit pohon ini, alam akan terjaga, terlebih di Situbondo masih banyak lahan gersang dan perlu mengembalikan serta meningkatkan efektivitas lahan agar berfungsi kembali dengan baik.

Baca juga: Pemohon perpanjangan SIM apresiasi program Satpas SSC Polres Situbondo

Dengan melakukan penghijauan menanam bibit pohon, lanjut Kompol Pujiarto, secara tidak langsung akan bisa dinikmati oleh penerus bangsa.

Kegiatan penanaman seribu bibit pohon ini, kata dia, tidak cukup ditanam, tapi harus terus dirawat dengan baik agar tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, lanjut Pujiarto, Polri juga melibatkan TNI dan masyarakat, terutama yang memahami bagaimana cara merawat pohon dengan benar.

"Perawatan kami lakukan dengan melibatkan masyarakat yang punya keahlian dalam merawat pohon. Hari ini kami juga melibatkan Kepala Desa Arjasa," ujar dia.

Penghijauan ini juga dalam rangka upaya pencegahan agar kebakaran hutan dan lahan bisa teratasi. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk turut serta menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran.

"Kegiatan menanam bibit pohon, selain untuk penghijauan, juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia," kata dia.

Adapun berbagai jenis bibit pohon yang ditanam, di antaranya jati, sengon, mimbo, tabebuya, mangga, alpukat, asam, durian, mangrove, sirsak, kapok, dan kedondong.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023