Wali Kota Madiun Maidi meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan setempat agar meningkatkan kinerja dan pelayanan ke masyarakat dalam memaknai momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

"Pengabdian kepada negara dan masyarakat harus ditingkatkan. Itu yang penting," ujar Wali Kota Maidi usai memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Alun-Alun Kota Madiun, Kamis.

Menurut dia, peningkatan etos kerja atau kinerja tersebut merupakan wujud perjuangan ASN dalam mengisi kemerdekaan saat ini yang telah dengan susah payah diwujudkan oleh para pahlawan.

"Tantangan ke depan tentunya ada perubahan yang tidak mendukung negara. Hal itulah yang harus diperangi. Contohnya tentang hoaks dan segala macam lainnya," kata dia.

Tak hanya ASN, pada momentum HUT ke-78 Republik Indonesia, Wali Kota Maidi juga mengajak masyarakat melakukan refleksi diri, serta meningkatkan semangat untuk ikut membangun negeri yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

"Kemerdekaan ini harus disyukuri dan diisi dengan kegiatan yang positif. Para pendiri bangsa ini sudah berjuang mati-matian, maka kalau ada tantangan yang sifatnya menggusur, ya itulah yang harus kita hadang," kata Maidi.

Sebagai bangsa yang hebat, lanjutnya, sudah semestinya masyarakat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan membangun bangsa Indonesia menjadi negara yang lebih kuat dan sejahtera.

Meski begitu, tak dipungkiri tantangan akan terus menghadang. Karenanya, Maidi berharap semua warga tidak putus asa dan terus bersatu padu membela Nusantara.

Tema HUT ke-78 RI "Terus Melaju untuk Indonesia Maju" memiliki filosofi yang mendalam. Masyarakat diajak berjuang sesuai kapasitasnya untuk memajukan daerahnya masing-masing dan memajukan bangsa.

Upacara dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023 di Kota Madiun digelar cukup meriah yang diikuti oleh Forkopimda di wilayah Kota Madiun, pimpinan OPD, camat, lurah, serta stakeholder terkait.

Selesai upacara, hadirin juga dihibur dengan penampilan aubade dari perguruan tinggi, lembaga sekolah, maupun jajaran TNI.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023