Puluhan anak-anak yang menempuh pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Pagu, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengenakan baju adat dari berbagai daerah saat upacara peringatan HUT Ke-78 RI yang digelar di halaman sekolah.

Kepala PAUD Taman Cerita Desa Pagu, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri Anis Rofin mengatakan anak-anak memang dikenalkan dengan rasa cinta Tanah Air sejak dini dengan ikut serta melakukan upacara bendera Merah Putih. Dengan baju adat, mereka diajak untuk mengetahui beraneka ragam suku serta adat dari seluruh Indonesia.

"Kami menggelar upacara bukan dilakukan oleh siapa-siapa tapi generasi penerus bangsa, yakni anak-anak. Ini bertujuan untuk jiwa Pancasila," katanya di Kediri, Kamis.

Ia mengatakan, upacara tersebut diikuti seluruh anak-anak. Petugas upacara seperti yang membacakan susunan acara, mengibarkan Bendera Merah Putih, kemudian yang membawa UUD 1945 dan petugas lainnya juga anak-anak.

Sedangkan orang tua, guru ikut serta dalam upacara tersebut menjadi peserta upacara. Jajaran guru ada juga yang bertugas seperti menjadi inspektur upacara hingga membacakan naskah Proklamasi. Mereka mengenakan baju resmi.

Ia pun menambahkan, anak-anak juga diminta mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk semakin menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa Bhineka Tunggal Ika.

"Hari ini anak-anak memakai baju adat budaya khas, ada yang dari Jawa, Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat dan lainnya," kata dia.

Sementara itu, Shakila, petugas pengibar Bendera Merah Putih mengaku senang bisa melakukan tugasnya. Ia dengan teman-temannya sudah berlatih selama dua pekan dan dalam kegiatan ini bisa tampil dengan baik.

"Rasanya senang. Tadi saya bertugas sebagai pengibar Bendera Merah Putih. Saya dan teman-teman sudah latihan dua minggu," kata Shakila.

Kegiatan upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan lancar. Para petugas bisa menjalankan semua tugasnya dengan baik.

Setelah upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan menyanyi bersama lagu kemerdekaan. Mereka bernyanyi sambil membawa Bendera Merah Putih ukuran mini. Anak-anak juga sangat antusias menyanyikan lagu serta mengikuti upacara bendera tersebut.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023