Dua orang warga negara asing (WNA) asal Prancis turut serta mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia (HUT Ke-78 RI) di Alun-Alun Kabupaten Situbondo, Kamis.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan, warga negara asing asal Prancis, itu selain menghadiri detik-detik proklamasi mereka juga menggunakan pakaian adat kebaya duduk berdampingan dengan ibu-ibu pejabat setempat.

"Pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia tidak hanya dihadiri warga negara Indonesia, tapi juga WNA asal Prancis, tentu bagi kami ini membanggakan," ujar Bung Karna, sapaan akrabnya kepada wartawan di Situbondo.

Menurut dia, dengan kehadiran WNA asal Prancis mengikuti upacara Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia merasa bangga karena budaya Indonesia makin dikenal di luar negeri.

"Ini tentu membuat ketertarikan para wisatawan mancanegara. Kami juga akan mempromosikan wisata agar wisata di Situbondo juga lebih dikenal," kata Bung Karna.
 
Dua warga negara asing asal Prancis saat menghadiri upacara HUT Ke-78 RI. Kamis (17/8/2023). ANTARA/Novi Husdinariyanto


Bupati menambahkan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia berjalan lancar dan khidmat.

"Alhamdulillah dalam memperingati HUT Ke-78 RI berjalan dengan lancar dengan persiapan yang sangat matang," ujar dia.

Sementara itu, WNA Prancis Anne Catherine Yon mengaku pernah tinggal di Situbondo beberapa bulan pada tahu 1998, dan tahu bahwa warga Situbondo friendly atau ramah.

"Kami pernah tinggal di sini selama enam bulan pada tahun 1998. Saya datang ke Situbondo sudah hampir sebulan, dan saya banyak melihat umbul-umbul bernuansa merah putih," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023