Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi berkomitmen menggeber pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memaksimalkan dampak berkelanjutan bagi perekonomian masyarakat luas.

"Melalui program-program pembinaan UMKM dan semangat 'Energizing Your Future', Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra naik kelas dan Go Global," kata Ahad melalui keterangan resmi, Selasa.

Upaya pemberdayaan UMKM dilakukan melalui beragam program, seperti pembinaan perekonomian, pameran, workshop, dan sertifikasi.

Salah satu kegiatan yang baru saja diikuti oleh Pertamina Jatimbalinus dalam bidang pemberdayaan UMKM, yakni "10th Koperasi UKM (KUKM) Expo 2023".

Pada ajang itu, Pertamina Jatimbalinus menyabet tiga penghargaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yakni "Stan Terbaik", "UKM Berprestasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Kategori Kriya", dan "UKM Berprestasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Kategori Kriya".

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, peningkatan kualitas UMKM menjadi fokus jajarannya sehingga bisa lebih banyak pelaku usaha yang naik kelas.

"Jadi UMKM dan usaha skala  besar harus diteruskan, tapi yang kecil juga harus disemangati agar bersama-sama mereka menjadi bagian yang yakin bahwa mereka punya harapan untuk naik kelas," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023