Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menjalin kerja sama bersama Australia Barat dalam upaya peningkatan dan penguatan kualitas dalam hal pembinaan di bidang olahraga berbasis ilmu keolahragaan.

"Kami memang membutuhkan sentuhan-sentuhan sport science barangkali Australia mau kembali membantu kami seperti pada beberapa waktu lalu," kata Wakil Ketua KONI Irmantara Subagjo melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Senin.

Dia beralasan kerja sama itu lantaran Australia Barat menjadi salah satu pusat berjalannya ilmu keolahragaan yang lengkap di dunia.

Lebih lanjut, Ibag, sapaan akrabnya juga menyebut kerjasama itu juga untuk menindaklanjuti masa depan program sister province.

"Ini menindaklanjuti program kami yang punya sister province dengan Australia Barat pada 2019 lalu habisnya 2023 ini empat tahunan," ujarnya.

Dia menyatakan program yang ditempuh ini sudah menunjukkan hasil nyata pada munculnya prestasi bagi dunia olahraga Jawa Timur di ajang tingkat nasional, seperti cabang olahraga selam dan renang yang menyabet juara umum di Pekan Olahraga Nasional XX/2023 di Papua.

"Kemudian, hoki juga sangat intensif menerapkan hasilnya bagus. Australia Barat pusat sport science. Sehingga kalau bisa bekerja sama akan sangat baik," ujarnya.

Sementara, Investment and Trade Commissioner ASEAN Region Government of Western Australia Bryce Green menyatakan berkeinginan menjajaki kerja sama baru antara Australia Barat dan Jawa Timur dalam rangka peringatan 30 tahun hubungan internasional kedua wilayah, apalagi masa pandemi COVID-19 sudah mereda.

"Pemerintah Australia Barat melalui Department of Local Government Sports and Cultural Industries ingin mengaktifkan kembali kerja sama setelah Pandemi COVID-19," katanya.

Bryce menyatakan pihaknya akan mengirimkan delegasi guna melakukan pembahasan lanjutan soal kerjasama tersebut.

"Karena sekarang pembatasan sudah dibuka kembali sehingga bisa dapat melakukan perjalanan, kami ingin mencari peluang kerja sama baru," tutur dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023