Okupansi hotel baik berbintang maupun nonbintang di Kabupaten Jember terutama di kawasan kota, meningkat tajam selama kegiatan "Jember Fashion Carnaval" (JFC) pada 4-6 Agustus 2023.

"Kegiatan JFC membuat hunian hotel semakin ramai dan sangat membawa dampak positif bagi perhotelan dan restoran di Jember," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jember Teguh Suprayitno saat dikonfirmasi per telepon di Jember, Senin.

Menurutnya ada sekitar 2.500 kamar dari hotel-hotel yang tergabung dalam PHRI Jember baik hotel berbintang maupun nonbintang semuanya meningkat tajam, bahkan beberapa hotel sudah penuh selama tiga hari rangkaian kegiatan JFC.

"Peningkatan okupansi hotel sudah mulai meningkat sejak 3 Agustus 2023, bahkan hotel yang berada sekitar lokasi kegiatan JFC terisi penuh untuk 5 Agustus 2023," tuturnya.

Jember Fashion Carnaval yang mengusung tema utama "Timelapse Journey To The Earth" tersebut membawa keberkahan tersendiri bagi industri perhotelan karena sejumlah pejabat, artis hingga tamu dari mancanegara hadir di Kabupaten Jember.

Sementara Marketing Comunication Hotel Aston Jember Aziz Kurniawan Syah mengatakan okupansi hotel di Aston mencapai 100 persen selama kegiatan JFC digelar sejak Jumat (4/8) hingga Minggu (6/8).

"Alhamdulillah seluruh kamar penuh. Tamu-tamu sebagian besar dari pejabat pemerintah, para artis dan talent JFC dari luar daerah hingga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jember untuk agenda JFC," katanya.

Ia menjelaskan total kamar sebanyak 152 kamar dengan okupansi hotel pada 4 Agustus 2023 mencapai 98,5 persen dan pada puncaknya Grand Carnaval JFC seluruh kamar penuh atau mencapai 100 persen.

Kegiatan Jember Fashion Carnaval dimulai dengan karnaval busana dari berbagai daerah di sejumlah provinsi melalui Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI), kemudian dilanjutkan dengan Artwear Carnival, World Kids Carnival hingga puncaknya Grand Carnival, namun ada beberapa kegiatan lainnya seperti pameran UMKM, Meteorit Exhibition 2023, hingga JFC Exhibition.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023