Dinas Pendidikan Kota Kediri mengadakan Gelar Seni Budaya Pelajar Kota Kediri (Genibudjari) 2023 sebagai upaya mewadahi bakat seni para siswa di wilayah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan mengemukakan kegiatan ini sengaja digelar dengan tujuan agar para pelajar dapat menyalurkan kreativitasnya, mengaktualisasikan kompetensi diri, bakat yang dimiliki, serta mempertahankan eksistensi budaya lokal di era modern.

"Karena mungkin selama ini banyak ekstra kurikuler yang ditampilkan di perpisahan, akhirnya kami tampung dalam Genibudjari 2023. Kegiatan tersebut tidak dilombakan tapi sebagai ajang bagi anak-anak dalam mengekspresikan diri menampilkan kreativitas mereka," kata Anang Kurniawan di Kediri, Kamis.

Adapun ragam seni yang ditampilkan antara lain seni tari, sendratari, seni suara, pantomim, musik, dolanan tradisional, dan jaranan.

Kegiatan tersebut digelar dengan puncaknya Jumat (4/8) yang akan ditutup oleh kesenian ketoprak.

Kesenian ini diperagakan oleh jajaran dari Dinas Pendidikan Kota Kediri mulai dari kepala dinas hingga kepala bidang serta tenaga pendidik SMP 1 hingga 9 Kota Kediri.

"Alhamdulillah semua lembaga sekolah menyambut baik kegiatan ini. Antusiasme sekolah untuk bisa tampil di Genibudjari ke-8 ini tinggi dan kemudian kami koordinir," ujar Anang.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat baik untuk tampil di ajang ini.

Anang berharap dengan kegiatan ini Dinas Pendidikan Kota Kediri bersama sekolah-sekolah di Kota Kediri bisa memupuk karakter para siswa dengan kreativitas yang dimilikinya serta fasilitasi kegiatan dari pemerintah, sehingga turut serta melestarikan budaya.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Dinas Pendidikan Kota Kediri mulai Kamis (3/8) hingga Jumat (9/8).

Acara tersebut diikuti oleh 18 sekolah mulai jenjang TK hingga SMA/SMK se-Kota Kediri. Program ini juga telah memasuki periode penyelenggaraan ke-8.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pengawas Sekolah TK, SD dan SMP se-Kota Kediri, para Kepala Sekolah tingkat TK hingga SMP se-Kota Kediri, Ketua K3S SD se Kota Kediri, Ketua MKKS SMP se-Kota Kediri, Dewan Pendidikan Kota Kediri, Ketua PGRI Kota Kediri, Ketua IGTKI PGRI Kota Kediri, Ketua Himpaudi Kota Kediri, Ketua HIPKI Kota Kediri, Ketua HISPPI Kota Kediri serta Ketua Forum PKBM Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023