Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, turut membantu pemerintah daerah setempat mendistribusikan air bersih ke wilayah terdampak kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari pada musim kemarau tahun ini.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo AKP Suwarno mengemukakan bahwa pendistribusian air bersih ke wilayah terdampak kekeringan untuk hari ini di Dusun Langai, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

"Atas perintah Bapak Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, kami mendistribusikan air bersih pada hari pertama ke Dusun Langai karena di dusun ini juga menjadi langganan kekurangan air bersih saat musim kemarau tiba," kata AKP Suwarno kepada wartawan di Situbondo, Jatim, Rabu.

Menurut dia, pendistribusian air bersih dilakukan untuk membantu masyarakat di satu dusun itu karena hampir setiap hari masyarakat yang tinggal di perbukitan itu harus turun ke bawah mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Polres Situbondo cek kelaikan jalur persiapan kunjungan kerja Presiden

"Setelah kami mendapatkan informasi bahwa warga di Dusun Langai kekurangan air bersih akibat sumber mata air mulai mengering, kami langsung membawa satu unit truk water canon dan truk tangki PDAM," ujar Kasat Lantas AKP Suwarno.

Data BPBD Situbondo menyebutkan ada tujuh dusun yang mengalami kekurangan air bersih akibat sumber mata air mengecil tersebut, yakni Dusun Sokaan Utara (wilayah barat dan timur) Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh, tercatat sebanyak 2.793 jiwa tersebar di enam RT.

Selanjutnya, Dusun Bandusa dan Dusun Polay Taman, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, tercatat ada 800 jiwa tersebar di enam RT mengalami kekurangan air bersih akibat sumber mata air di dua dusun tersebut mulai mengecil.

Di Dusun Sekar Putih dan Dusun Curah Temu, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, tercatat ratusan jiwa juga mengalami kekurangan air bersih karena sumber air di sumur bor berkurang.

Sedangkan di Dusun Jerugan, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, ada 673 jiwa kekurangan air bersih, karena sumur bor bantuan pemerintah di dusun tersebut rusak.

Sekitar sebulan terakhir BPBD setempat sudah mendistribusikan air bersih ke dusun-dusun yang mengalami kekurangan air bersih.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023