Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tiba di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo pada Senin sore untuk meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar, Surabaya pada Selasa (26/7) pagi.

Kedatangan Megawati Soekarnoputri dibernarkan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Surabaya Baktiono.

"Beliau, Bu Mega tadi datang sekitar pukul 17.20 WIB pesawatnya mendarat dan ini barusan selesai di VIP room kemudian ke hotel," kata Baktiono saat dikonfirmasi ANTARA.

Baktiono menyebut kedatangan Presiden ke-5 Republik Indonesia disambut oleh sejumlah jajaran partai di tingkat Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya, seperti Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur Said Abdullah, Pelaksana harian Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Budi Kanang Sulistyono, dan sekretaris partai Sri Untari.

Sedangkan dari jajaran pengurus tingkat kota, selain Baktiono ada juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Kemudian ada Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji.

"Ada bendahara PDI Perjuangan Surabaya Pak Taru, ada juga Menteri Sosial Bu Risma. Jadi besok peresmian di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar," ucapnya.

Sementara, Baktiono yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya menilai peresmian Hutan Mangrove Gunung Anyar sebagai kawasan kebun raya menjadi suatu hal yang dinanti.

"Jadi upaya dari sejak Wali Kota Bu Risma sampai di teruskan Pak Eri ini mangrove sebagai tahanan untuk air laut agar tidak terjadi abrasi dan ini harus dikelola, bukan sebagai hutan liar," katanya.

Lebih lanjut, Kebun Raya Mangrove atau KRM juga difungsikan sebagai wadah edukasi dan penelitian bagi masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa.

"Kami juga mengacu pada peraturan konservasi, mangrove ini tanamannya untuk mencegah abrasi air laut. Jadi, sekarang kami memetik hasilnya, agar bisa menjadi percontohan seluruh wilayah di Indonesia," ucap dia.

Baktiono juga menyatakan peresmian Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar juga menambah opsi lokasi wisata di "Kota Pahlawan".

"Semoga warga bisa benar-benar menikmati dari hutan atau tanaman mangrove beserta habitatnya sampai bibir menuju laut. Ini akan nampak semakin indah, apalagi kalau sampai malam ada lampu-lampu dan dijadikan wisata malam lainnya," kata Baktiono.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023