Para jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) berziarah ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke- 63 tahun 2023. 

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan umum kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga. Selanjutnya para jaksa melakukan tabur bunga di makam pahlawan, serta memanjatkan doa. 

Kepala Kejati (Kajati) Jatim Mia Amiati menjelaskan tujuan ziarah yang rutin digelar setiap tahun ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. 

"Pada intinya kami mengajak kepada seluruh insan Adhyaksa untuk dapat memahami dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan," katanya kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Kajati Mia mengungkapkan kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, yaitu sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa.

"Ada tiga pahlawan yang berasal dari Kejaksaan yang dimakamkan di taman makam pahlawan ini," ujarnya.

Bagi Kajati Mia, ziarah ke makam pahlawan merupakan bukti kebesaran bangsa Indonesia. 

"Karena bangsa yang besar menghargai jasa para pahlawannya," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023